Makatete Hills Warembungan, destinasi wisata alam populer di Minahasa - WisataHits
wisatahits

Makatete Hills Warembungan, destinasi wisata alam populer di Minahasa

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 10.00-08.00 WITA, Alamat: Warembungan, Kec. Pinang, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Sulawesi masih mampu menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona dan mempesona. Salah satunya di Sulawesi Utara. Di tempat ini Anda akan menemukan tempat wisata yang sangat indah dan spektakuler. Tempat wisata tersebut adalah Bukit Makatete. Tempat wisata ini memang sedang hits dan populer saat ini.

Dengan mengunjungi tempat ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Puncak wisata ini terletak di Desa Warembungan, Kabupaten Minahasa. Tempat wisata ini yang semula merupakan kebun kelapa dan kebun cengkeh, kemudian mulai berubah dan dialihfungsikan menjadi tempat tujuan wisata bagi warga atau wisatawan yang ingin berkunjung.

Tak sedikit orang yang datang ke tempat ini untuk bersantai sambil menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Karena tempat wisata ini cukup terkenal, maka tidak heran jika wisatawan yang datang ke tempat ini bisa mencapai ratusan orang dalam sehari. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahuinya, berikut ini terkait dengan Makatete Hills.

Atraksi Bukit Makatete

Bukit MakateteKredit Gambar: Instagram Ceryn V.T

1. Panorama alam yang indah

Banyak sekali objek wisata yang dimiliki oleh Makatete Hills, yang membuat banyak wisatawan ingin mengunjungi tempat tersebut. Salah satu daya tariknya tentu saja panorama alam yang menanti Anda. Panorama alam yang berada di atas puncak sangat indah. Nantinya, Anda bisa melihat dari atas pemandangan kota Manado yang menakjubkan.

Tak hanya itu, dari atas puncak juga bisa melihat panorama Pulau Manado purba, hamparan lautan luas, Pulau Siladen, Pulau Bunaken. Dan yang tidak kalah penting untuk melihat keindahannya yaitu Gunung Klabat yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Utara.

Tempat wisata Warembungan Bukit Makatete ini dinamakan demikian karena Makatete sendiri diartikan sebagai sebuah jembatan. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, ketika seseorang ingin mengunjungi tempat tersebut, mereka harus melewati sebuah jembatan. Bahwa di sini mereka membangun jembatan itu sendiri.

2. Ramai dengan turis

Seperti disebutkan di atas, tempat wisata ini merupakan perkebunan milik warga yang kemudian rusak akibat kemarau panjang. Taman itu terbakar sangat parah sehingga semua yang ada di taman itu terbakar.

Butuh waktu lama untuk membiarkan taman yang terbakar itu dibiarkan begitu saja. Kemudian keluarga pemilik kebun mulai memiliki ide untuk membangun tempat wisata di atas tanah bekas terbakar.

Bukit Makatete diwujudkan dengan tempat-tempat wisata yang banyak terdapat di Kota Bandung. Perlahan pengelola tempat wisata ini mulai mengembangkan objek wisata alam ini. Pada awalnya tidak terlalu banyak wahana yang ditempatkan pada wisata puncak ini. Apalagi tempat-tempat wisata ini awalnya tidak begitu menarik.

Namun kemudian, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya fasilitas yang disediakan seiring dengan semakin populernya nama Makatete Hills, semakin banyak wisatawan yang datang setiap harinya.

Bahkan para wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya wisatawan domestik saja, namun anda juga akan banyak menjumpai wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini.

3. Salib raksasa

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda temukan adalah adanya salib raksasa. Penduduk Manado selalu mengenal salib putih besar yang berdiri megah di kawasan pegunungan warembungan.

Bahkan dari pusat Kota Manado, Anda sudah bisa melihat keberadaan salib besar. Terutama dari daerah boulevard pantai dan juga dari daerah sekitarnya. Oleh masyarakat sekitar tempat salib raksasa ini disebut juga dengan puncak warembungan atau puncak salib.

Padahal, nama tempat ini adalah Makatete. Adapun nama tempat wisatanya sendiri adalah Makatete Hills. Banyak orang pergi ke tempat-tempat wisata ini hanya untuk melihat salib yang besar dan megah ini.

Tidak hanya mereka yang beragama Kristen, tetapi juga banyak orang atau wisatawan dari agama lain yang tertarik dengan salib raksasa tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi Jalan Menuju Makatete Hills WarembunganKredit gambar: Google Maps Lidya Indrawati

Lokasi Bukit Makatete seperti tersebut di atas berada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, tepatnya di Desa Warembungan. Agar nantinya bisa mencapai tempat ini, Anda bisa berkendara dari pusat kota Manado.

Jarak yang dibutuhkan dari pusat kota Manado ke bukit eksotis ini sekitar 14 km. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat wisata tersebut, yaitu sekitar 30 menit perjalanan. Akses jalan menuju Makatete Hills tidak sempurna. Jalan yang akan Anda tempuh tidak terlalu mulus atau masih belum beraspal.

Nantinya, Anda akan melintasi kuburan desa warembungan. Begitu sampai di tempat ini, Anda tinggal mengikuti jalan yang cukup menanjak selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu Anda akan sampai di pintu masuk tempat wisata.

Oleh karena itu, ketika Anda datang dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap berangkat.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Makatete Hills WarembunganKredit Gambar: Google Maps Herman Broncos

Untuk tiketnya sendiri, biaya masuk ke Makatete Hills Warembungan relatif murah. Nantinya, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan bila ingin mencoba wahana di tempat ini, Anda harus membayar Rp 20.000 untuk sekali naik.

Sebagai saran, bila Anda ingin mengunjungi tempat ini, datanglah di musim selain musim hujan. Sehingga aktivitas wisata anda di tempat ini tidak terganggu.

Aktivitas menarik untuk dilakukan di Bukit Makatete

Kegiatan menarik di perbukitan MakateteKredit gambar: Google Maps Eza Runtapalit

1. Perburuan Foto

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di tempat ini. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah hunting foto. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen saat berada di tempat ini. Tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah salib raksasa.

Banyak wisatawan menggunakan salib sebagai latar belakang saat mengambil foto. Bentang alam Makatete Hills Warembungan memang sangat disukai wisatawan untuk melakukan aktivitas selfie. Karena itulah saat berada di tempat ini, pastikan Anda sudah mengabadikan momen tersebut.

2. Manfaatkan wahana yang tersedia

Banyak wahana yang ditawarkan saat Anda berwisata ke Makatete Hills. Jadi, tentu saja, ada banyak hal menyenangkan untuk dilakukan. Jika Anda datang bersama pasangan, jangan lupa untuk mencoba ayunan raksasa yang tersedia di sana. Duduk bersama di ayunan raksasa pasti akan membuat suasana semakin romantis.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berada di ayunan juga. Selain itu, ada juga flying fox. Bagi Anda yang menyukai adrenalin, tidak ada salahnya mencoba flying fox ini. Tempat wisata menarik yang terletak di ketinggian puncak ini memang sangat kondusif untuk kegiatan yang memacu adrenalin.

Tidak hanya itu yang bisa Anda gunakan, ada juga sepeda gantung dan skytree. Dengan tersedianya wahana-wahana tersebut tentunya akan semakin memudahkan Anda saat melakukan aktivitas mendebarkan di sana.

Namun, seperti yang disebutkan di atas, untuk menikmati wahana tersebut, Anda harus membayar biaya tambahan. Namun tidak perlu khawatir karena biaya tambahan yang perlu dikeluarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Makatete Hills WarembunganKredit gambar: Google Maps Riksilia Tumanduk

Seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, Makatete Hills juga menawarkan fasilitas yang memadai dan lengkap bagi wisatawan. Dengan fasilitas tersebut tentunya Anda akan merasa nyaman dan betah saat berada di sana. Tempat ini memiliki toilet dan tempat parkir yang cukup aman.

Beberapa fasilitas telah disebutkan di atas seperti wahana yang tersedia, skytree, flying fox, ayunan raksasa dan sepeda gantung. Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati santapan lezat, Anda bisa menuju ke kawasan puncak yang berada di ketinggian 200m dpl, terdapat restoran di bawahnya.

Dengan restoran, Anda tidak perlu khawatir saat lapar. Menikmati santapan lezat di puncak tentu menjadi ide yang sangat menarik. Anda bisa menyantap hidangan lezat yang disajikan oleh restoran sambil mengagumi panorama megah dari atas puncak. Selain itu, fasilitas umum juga cukup lengkap.

Demikian penjelasan lengkap Bukit Makatete di Warembungan, Minahasa. Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Minahasa, sangat disarankan untuk mampir ke tempat wisata ini. Di sinilah Anda akan mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat wisata lainnya. Cobalah untuk datang bersama teman, keluarga atau teman juga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button