Makassar Resmi Diumumkan Menjadi Tuan Rumah APEKSI 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Makassar Resmi Diumumkan Menjadi Tuan Rumah APEKSI 2023

jakarta

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI XV memutuskan Kota Makassar akan menjadi tuan rumah APEKSI XVI 2023 mendatang. Sebelumnya ada dua kota yang diusulkan yakni Surakarta, Solo dan Sulawesi, Kota Makassar. Namun pada sidang paripurna ketiga, forum sepakat memilih Kota Makassar secara aklamasi.

“Alhamdulillah, Kota Makassar sangat siap. Seperti yang saya jelaskan di depan forum dan teman-teman melihat bahwa Kota Makassar sudah siap,” kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2022).

Mohammad Ramdhan Pomanto atau akrab disapa Danny Pomanto mengatakan setiap tahun Kota Makassar menyelenggarakan event internasional yaitu F8. Karena itu, Kota Makassar siap menjadi tuan rumah APEKSI 2023.

Tak hanya itu, salah satu refleksi Ketua Direksi APEKSI yang juga Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, APEKSI tidak pernah diadakan di Pulau Sulawesi.

“Pulau Jawa dua kali, Kalimantan dua, Sumatera dua kali juga. Jadi hanya pulau Sulawesi yang belum pernah, dan pulau Sulawesi merupakan pusat Kota Makassar,” ujarnya.

Mengenai kesediaan Kota Makassar menjadi tuan rumah, disebutkan sudah mencapai 100 persen untuk menggelar event besar seperti APEKSI. Dari segi akomodasi, kota ini memiliki 15.000 kamar hotel mulai dari hotel berbintang hingga hotel non bintang. Sedangkan untuk restoran, Makassar juga tersedia dengan masakan lokal hingga internasional. Bahkan, dari PKL sampai bintang lima.

Sementara itu, Roem, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, mengatakan jika APEKSI diadakan di Kota Makassar, dapat memberikan nafas baru bagi pariwisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Alhamdulillah, UMKM semakin berkembang. Destinasi wisata kita juga sudah siap, dan kuliner di Kota Makassar lebih banyak dikunjungi oleh peserta APEKSI,” ujarnya.

Rencananya, ada dua lokasi pengadaan seri City Expo APEKSI, yakni di Pantai Losari dan Lapangan Karebosi.

(akd/ega)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button