Makanan khas Cianjur yang tidak boleh Anda lewatkan! - WisataHits
Jawa Barat

Makanan khas Cianjur yang tidak boleh Anda lewatkan!

Terletak di dekat Bogor, Purwakarta dan Bandung, Cianjur adalah salah satu kota dan kabupaten yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Barat. Bukan hanya karena banyak tempat wisatanya, tapi juga makanan khas Cianjur yang menarik untuk dicoba. Masakan yang ditawarkan cocok untuk semua orang. Penasaran dengan kuliner khas Cianjur yang enak? Yuk simak rekomendasi makanan khas Cianjur TripZilla Indonesia di bawah!

1. Roti manis legendaris Tan Keng Cu

Kredit: Tan Keng Cu

Meskipun roti manis tersedia di banyak kota, datang ke Cianjur tanpa mampir ke toko roti saja tidak cukup Tan Keng Cu. Buka sejak tahun 1926, toko roti ini sudah melegenda. Terkenal dengan varian roti manisnya, kini kamu juga bisa menikmati berbagai menu lainnya seperti Roti Burger Ayam Lada Hitam, nasi bakar komplit sampai Wagyu Steak Perdana. Kedengarannya kekinian dan bikin penasaran, apakah menu lainnya akan sama enaknya dengan roti manis?

Lokasi: JL.HOS Cokroaminoto No.95, Muka, Kec. Cianjur, Cianjur
Jam buka: Selasa – Minggu, 09:30 WIB – 20:30 WIB
Harga: Mulai dari Rp 10.000

2. Biskuit Tauco, makanan khas Cianjur untuk menemani anda di sore hari

Kredit foto: Dwigie Tauco Cookies

Sore hari biasanya waktu yang tepat untuk minum kopi atau teh ditemani camilan favorit. Cookies oleh Dwigie Tauco bisa menjadi pilihan saat berlibur di Cianjur. Cianjur memang kota yang terkenal dengan produksi tauco-nya, tapi biskuit adalah produk yang kreatif. Siapa sangka Tauco juga bisa dipadukan dengan Nastar? Beli lebih dari satu sehingga Anda dapat membawanya pulang sebagai hadiah juga!

Lokasi: JL Mangunsarkoro Gg. Melati No.1, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Cianjur
Harga: Mulai dari Rp20.000

3. Sate Maranggi, rasakan bumbu meresap ke dalam daging

makanan khas cianjurKredit foto: @franzeskayuli

Sate Maranggi Warujajar Ma’ Nunung bisa menjadi referensi jika ingin makan sate maranggi. Salah satu makanan khas cianjur terbuat dari daging sapi dengan bumbu yang ada di mana-mana. Keunikan sate ini disantap dengan ketan bakar, nasi kuning dan sambal oncom sebagai pelengkapnya. Dipadukan dengan minuman teh panas, menu ini terasa sempurna. Pecinta sate, mari lebih dekat!

Lokasi: JL.KH Ashari No.13, Solokpandan, Kec. Cianjur, Cianjur
Jam buka: Setiap Hari, 06.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 3.000

4. Ikan bakar, makanan Cianjur paling populer di Indonesia

makanan khas cianjurKredit foto: Ikan Bakar Cianjur | grup IBC

Ikan bakar cianjur, dibuka pada tahun 1989 di Cianjur. Kalaupun ada banyak cabang di pulau jawa, rasanya kurang enak jika tidak mencobanya langsung di kota asalnya. hidangan utama seperti ikan mas pesmol Siapa yang tidak pelit, sambal ini akan menjadi lauk yang mantap bersama sepiring nasi panas. Untuk memuaskan dahaga Anda, segelas jus wortel IBC bisa menjadi pilihan Anda. Ubah pola makan Anda terlebih dahulu saat makan di sini!

Lokasi: J L. Raya Cipanas – Cianjur No.KM.7, Cijedil, Kec. Cianjur, Cianjur
Jam buka: Setiap Hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 12.000

5. Bubur Cianjur, Bukan Bubur Ayam Biasa

Kredit foto: @pengangguranlobcara

Bubur ayam cianjur ini sedikit berbeda dengan bubur ayam di Jakarta. Perbedaannya terletak pada topping yang digunakan karena lebih lengkap dibandingkan dengan bubur ayam lainnya. Bubur ayam berkelanjutan Anda bisa berkunjung untuk makan bubur dengan pilihan topping hati dan ampela bahkan telur. Selain bubur, ada juga nasi goreng dan mie goreng yang bisa kamu coba. Apakah bubur, nasi, atau mie goreng terasa lebih enak?

Lokasi: JL.DR.Muwardi No.133, Muka, Kec. Cianjur, Cianjur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari Rp 9.000

6. Geco, masakan sederhana, enak dan kaya nutrisi

makanan khas cianjurKredit foto: @dyahanggraeni70

Geco adalah singkatan dari tauge dan tauco. Tapi tentu saja Anda mendapatkan lebih banyak konten dalam satu porsi geco. Ada wajik dan mie kuning yang disiram bumbu tauco. Anda juga bisa menambahkan telur jika suka. Mengisi dan bergizi pada saat bersamaan. Geco Nusasari Pak Iding Jadilah tempat Anda mencicipi hidangan tradisional ini. Rasa geco menjadi berbeda dengan tambahan bumbu cuka kelapa nila. Kebayang kan gimana enaknya?

Lokasi: JL.Siti Jenab No.24, Cianjur
Jam buka: Setiap Hari, 08.30 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 10.000

7. Sop Rogan, menu spesial Ramadhan yang selalu ditunggu

Kredit foto: Sup Rogan

Makanan Cianjur lainnya yang cukup unik adalah Sup rogan. Isi dari kuah rogan ini adalah roti tawar, kelapa muda, kolang kaling dan kacang hijau. Setelah itu, santan atau saus susu ditambahkan, yang meningkatkan rasa. Tidak cukup sampai disini saja, adonan sop rogan ini dikukus dan bisa disantap hangat atau dingin terlebih dahulu setelah dimasak. Warna dan kontennya mengundang Anda untuk mencobanya, bukan?

Lokasi: J L. Selamat No. 27, Cianjur Satu, Cianjur
Jam buka: Setiap Hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 12.000

8. Laksa Cianjur, kuah santannya enak yang tidak akan disendok

Kredit foto: @kulinercjr

Laksa adalah makanan khas Indonesia yang sangat menggugah selera. Kuah santan yang kental membuat isian laksa semakin nikmat. Saat berada di Cianjur, Laksa Kang Aam bisa menjadi pilihan yang tepat. Bumbu-bumbu kuahnya ditambah isian yang kaya seperti tahu, telur, tauge, suwiran ayam dan oncom membuat satu porsi isian laksa ini. Bahkan jika Anda makan sekali, Anda mungkin akan kembali keesokan harinya karena itu benar-benar membuat Anda ketagihan!

Lokasi: JL.Siliwangi No.47A, Sawah Gede, Kec. Cianjur, Cianjur
Jam buka: Senin – Sabtu 09.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 12.000

9. Nasi pepes, makan nasi dengan bumbu yang meresap sempurna

makanan khas cianjurSumber foto: Nasi Pepes Cianjur

Pepes tidak hanya berisi ikan atau jamur. Di Cianjur ada menu Nasi Pepes yang menggiurkan. Ada juga daun kemangi di bungkusnya, yang mengharumkan nasi. Coba menu ini Nasi Cianjur Pepe dan Anda bisa menambahkannya dengan lauk lainnya agar lebih beraroma. Atau jika Anda senang dengan rasa yang berbeda seperti Nasi Ampela Pepe, Nasi Cumi Pepe, dan Nasi Pepe Ayam, makan saja!

Lokasi: Komp. Panembong Panoramic Block Q1, Desa Mekarsari, Cianjur
Harga: Mulai dari Rp15.000

10. Sambel hejo, makanan khas Cianjur dengan warna hijau untuk menggugah selera

Kredit foto: @opibun

RM Sunda Rasa 2 merupakan salah satu tempat yang menawarkan Sambal Hejo sebagai pendamping makan. Warna hijaunya berasal dari cabai rawit hijau dan tomat hijau. Kedua bahan ini kemudian dicampur dengan kencur dan garam hingga menghasilkan sambal yang disukai banyak orang. Ikan bakar atau ikan goreng pasti akan terasa nikmat. Pesan menu Anda dengan sambal hejo ini, dijamin tidak mengecewakan.

Lokasi: JL.Raya Cianjur – Sukabumi No.Km.6, Ciwalen, Kec. Warungkondang, Cianjur
Jam buka: Setiap Hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 10.000

Baca Juga: 12 Destinasi Wisata di Cianjur yang Cocok untuk Liburan Anti Mainstream Anda

Aneka makanan cianjur ini akan membuat liburan Anda tak terlupakan. Mungkin Anda hanya ingin berkendara melalui Cianjur, malah Anda akan betah berlama-lama di sana karena kenikmatan makanannya!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button