Makan bakso khas Bogor yang terbuat dari talas dan dilapisi telur - WisataHits
Yogyakarta

Makan bakso khas Bogor yang terbuat dari talas dan dilapisi telur

Makan bakso khas Bogor yang terbuat dari talas dan dilapisi telur

TEMPO.CO, jakarta – Cuaca hujan selalu cocok dengan makanan yang hangat dan berkuah. Apalagi jika Anda berada di kota hujan, Bogor. Jangan lewatkan hidangan hangat seperti bakso rekomendasi ini.

Resto Mama Shakila Bogor Utara yang baru dibuka pada Desember 2022 ini menawarkan beberapa jenis bakso yang enak, diantaranya inovasi berupa bakso tahu dan talas. Siti Sholikah, pemilik restoran, mengatakan ide bakso talas dan tahu lahir setelah mendengar kata-kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno yang mendorong perusahaan di Jawa Barat untuk membuat hidangan oleh-oleh yang cocok untuk iklim setempat. .

Siti pun terinspirasi untuk menyiapkan sajian bakso yang enak untuk disantap saat cuaca hujan, seperti yang sering terjadi di Bogor. Ia berkolaborasi dengan mereka mengolah talas, bahan makanan yang identik dengan bogor.

Menu utama restoran

Inovasi pembuatan bakso dengan tepung talas ini sukses setelah melalui masa uji coba selama tiga bulan. Tepung talas dianggap lebih sehat karena bebas gluten, sehingga bisa menjadi sajian alternatif bagi masyarakat yang tidak bisa mengonsumsi tepung. Sajian ini telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal.

Produk utama Siti adalah bakso talas yang dicelupkan kecap. Bakso talas beku jadi primadona saat pandemi melanda.

Tahu Bakso Taro hadir dalam berbagai varian rasa yaitu original, pedas, keju atau blended. Semuanya dicelupkan ke dalam kecap.

Bagi yang ingin makan bakso pedas, ada bakso isi daging, bakso urat, dan bakso polos lengkap. Hidangan bakso disajikan dalam mangkok tanah liat agar panasnya lebih lama.

Ada juga menu bakso unik yaitu Bakso Selimut Kabut. Bakso ini kebalikan dari bakso telur. Bakso telur biasanya terdiri dari telur yang dibungkus dengan adonan bakso. Bakso selimut adalah adonan bakso yang dilapisi telur.

Menu lezat lainnya adalah bakso iga. Dengan menu ini, bakso dibungkus di sekitar iga. Pilihan lainnya adalah bakso iga yang berisi iga daging yang tebal.

Untuk menu yang disantap secara berkelompok, ada bakso dengan petasan. Bakso besar berisi bakso kecil dan telur puyuh. Disajikan dalam mangkuk gerabah besar dengan saus merah dengan cabai mengambang.

Menu menarik lainnya adalah bakso sumsum tulang dengan keju. Bakso disajikan dalam dua mangkok, satu mangkok khusus berisi tulang sumsum besar yang bisa dihisap, dan satu lagi mangkok besar berisi keju parut dan cabai rawit.

Restoran ini juga memiliki menu mie ayam, seperti mie ayam hotplate, mie ayam lada hitam, dan mie ayam bakso gurih dan manis original. Kisaran harga di restoran ini mulai dari Rp 19.000 hingga Rp 77.000.

Baca juga: 13 oleh-oleh khas Yogyakarta yang enak dan wajib dibeli

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan cerita unggulan di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button