Mahasiswa USM mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Khairun Ternate - WisataHits
Jawa Tengah

Mahasiswa USM mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Khairun Ternate

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Muhammad Arif Maulana mengikuti program pertukaran mahasiswa angkatan kedua di Universitas Khairun, Ternate, Provinsi Maluku, Maluku Utara.

Keberangkatan Alif ke Maluku dilakukan pada Kamis 9/1/2022. Keberangkatan dan durasi periode pertukaran pelajar bervariasi tergantung universitas. Di USM, pertukaran pelajar berlangsung sekitar 4 bulan dan berakhir pada pertengahan Januari.

Alif mengatakan, untuk lolos program pertukaran mahasiswa kampus mandiri, mahasiswa Jawa disarankan mengunjungi kampus-kampus di luar Jawa karena pendaftarnya tidak banyak. Mahasiswa diberikan pilihan 1 dan 2 untuk memilih kampus sasaran. Jika opsi 1 dan 2 gagal, Kemendikbud tetap menawarkan opsi 3 dan 4. Akhirnya opsi 5.

Saat memilih kampus target, mata kuliah di kampus target juga harus diperhitungkan agar bisa dikonversi. Pertukaran siswa lintas kurikuler sebenarnya diperbolehkan, tetapi proses konversi kredit mungkin atau mungkin tidak diizinkan tergantung pada direktur program.

Yang perlu disiapkan adalah persiapan berkas seperti surat izin orang tua, surat rekomendasi kampus, transkrip nilai, BPJS, ATM BRI/BSI, dan sertifikat kompetensi untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Seleksi pasca-pengajuan adalah jajak pendapat keragaman yang tinggal menunggu pengumuman.

“Kami diberikan mata kuliah wajib yaitu modul nusantara, yaitu kunjungan ke tempat wisata, budaya dan sejarah. Kuliah diadakan pada hari Sabtu dan Minggu. Itu adalah pengalaman yang menyenangkan dan melebihi harapan saya mengenai situasi non-Jawa. Untuk teman-teman semua, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk program-program yang ditawarkan di perkuliahan,” jelasnya.

Wakil Rektor 3 USM, Dr. Junaidi berpesan kepada mahasiswa yang telah lulus program kampus mandiri untuk mengembangkan ilmunya sebaik mungkin, memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada, serta memadukan ilmunya untuk saling menguntungkan dan berkontribusi dalam sosialisasi program kampus mandiri dengan mahasiswa USM lainnya.

muhaimin

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button