Mahasiswa UMM melakukan kegiatan pembelajaran visual di Bedside Tourism - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa UMM melakukan kegiatan pembelajaran visual di Bedside Tourism

UMM

MISKIN – Pada hari Selasa, 13 September 2022, SMA Surya Buana Malang mengadakan kegiatan “Visual Study” yang bertempat di Kawasan Wisata Bedengan, Malang.

Kegiatan ini dilakukan oleh 5 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yaitu Dafa Darmawan, M. Daffa Juliansyah, Ardian Syah, Qonita Nabilah R. dan Sherin Adriani yang kini telah melakukan kegiatan PMM atau program pengabdian masyarakat.

Kegiatan PMM ini dipromotori oleh Bapak Sholahuddin Al-Fatih, SH, MH selaku Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa (PMM) ini bertujuan untuk menerapkan hilirisasi penelitian dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ini diprakarsai oleh 5 siswa bersama pihak sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong semangat belajar siswa.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh situasi saat ini dimana siswa sering bosan belajar di sekolah dalam waktu yang lama. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menghilangkan kejenuhan siswa dengan melihat keindahan ciptaan Tuhan dan melihat keindahan alam yang ada serta mampu menambah wawasan dan pengalaman serta mengajak siswa untuk mengenal belajar, belajar tentang tempat-tempat bersejarah dan budaya lokal melalui interaksi dengan lingkungan.

Kegiatan ini tentunya sangat dipersiapkan dengan matang. Pihak sekolah juga mendukung kegiatan ini dan membantu mempersiapkan kegiatan ini. Kegiatan pembelajaran visual ini diisi dengan beberapa pelajaran penting seperti Geografi, Pendidikan Jasmani, Agama dan Fisika, yang tentunya juga didukung oleh setiap guru dalam mata pelajaran tersebut.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan mengumpulkan siswa dari SMA Surya Buana Malang. Para siswa berangkat dengan angkot yang sebelumnya disewa. Perjalanan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Sesampainya di tempat wisata Bedengan, karena pemandangan di kawasan Bedding sangat indah dan didukung oleh udara yang sangat sejuk dan segar, mereka tampak sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan visual study. Hingga pukul 17.00 WIB, para siswa beserta guru-gurunya mengumpulkan seluruh siswa SMA Surya Buana Malang di satu titik untuk melakukan pembekalan tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan.

Setelah pengumpulan, siswa dibagi menjadi 5 kelompok, yang kemudian dalam setiap kelompok memiliki beberapa asisten siswa untuk membimbing mereka. Sebelum keberangkatan mereka, mereka menerima rencana yang menurutnya setiap pos nantinya akan digeledah oleh kelompok dengan kompas.

Sebelum mereka pergi, mereka harus mengeluarkan teriakan dan jargon yang membuat suasana semakin seru. Hal ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi yang baik serta meningkatkan kekompakan dan solidaritas yang tinggi antar mahasiswa.

Dalam kegiatan ini ada 4 pos yang harus dilalui siswa SMA Surya Buana Malang, pos pertama adalah geografi, pos ini akan mengingatkan mereka akan materi geografi yang telah mereka pelajari. Dalam postingan kali ini, mereka ditanyai dengan melihat tebing di depan mereka dan menganalisa proses kemunculan tebing tersebut.

Setelah menyelesaikan pos geografi, mereka harus mencari pos 2 menggunakan kompas menggunakan koordinat yang diberikan. Pos kedua adalah olahraga. Postingan ini sangat menarik karena mereka harus mengikuti beberapa permainan yang menyenangkan untuk melatih ketangkasan dan kelincahan mereka yang diatur oleh guru pendidikan jasmani.

Setelah fun games, mereka juga harus mencari Post 3. Pos 3 adalah materi agama Islam, di pos ini mereka akan dapat menjawab beberapa pertanyaan tentang Islam dan juga menjawab beberapa pertanyaan di atas kertas termasuk materi mereka sebelumnya yaitu jenis hadas, alasan Alquran sebagai pelengkap buku sebelumnya, dan sebagainya .

Pos terakhir, pos 4, adalah tentang fisika. Postingan ini juga sangat seru karena kamu harus menghitung lebar sungai menggunakan rumus fisika. Sesampainya di Pos 4, mereka dibawa ke tepi sungai dan bertugas menghitung lebar sungai dan besarnya debit sungai. Guru fisika, yang juga akan mengarahkan, bertanggung jawab untuk posisi ini.

Setelah semua kelompok menyelesaikan semua pos yang akan diikuti, mereka dibawa ke masjid untuk menunaikan shalat dzuhur terlebih dahulu. Setelah itu mereka makan siang di meeting point pertama dan setelah itu mereka diajak menikmati pemandangan sambil berfoto.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terlihat seluruh siswa di SMA Surya Buana Malang senang dan menikmati kemajuan dari kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga merupakan tujuan akhir dari beberapa program PMM yang telah dilakukan sebelumnya.

Diharapkan mahasiswa dapat memahami apa yang telah diberikan oleh mahasiswa PMM sebelumnya melalui beberapa program kerja yang dilakukan. Dengan kegiatan ini juga diharapkan mampu menjalin komunikasi dan kekompakan antara siswa dan guru serta meningkatkan motivasi siswa untuk menjadi generasi muda yang kritis, sosialis, religius dan sadar lingkungan.

Ardian Syah, Dafa Darmawan, M Daffa Juliansyah, Qonita Nabilah R, Sherin Adriani
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Source: www.harianpijar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button