Mahasiswa UGM Juara Pertama Lomba Muda Pengembangan Panel Surya IoT Genting - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa UGM Juara Pertama Lomba Muda Pengembangan Panel Surya IoT Genting – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tim startup UGM Gepo Energy menjuarai ajang Pertamuda Seed and Scale 2022. (Special/ugm.ac.id)

Solopos.com, JOGJA — Tim startup Gepo Energy dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menjuarai Pertamuda Seed and Scale 2022 Top 3 Student Business Idea Competition yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero). Tim startup UGM juga mendapatkan pendanaan korporasi sebesar Rp 100 juta.

Pada acara yang digelar di Jakarta pada 7-10 Desember 2022, tim startup UGM bersama Cody Kit dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Taman School dari Universitas Indonesia (UI) berhasil mengeliminasi 2.445 dari 386 startup publik dan perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Pertamuda merupakan kompetisi ide bisnis yang diprakarsai oleh PT Pertamina untuk wirausahawan muda di bidang energi dan bisnis berkelanjutan.

Direktur Gepo Energy Lathief Nurmahmudi Wijaya mengaku sangat senang dan bangga timnya masuk dalam daftar 3 besar dalam kompetisi ini. Ia mengatakan Gepo Energy merupakan startup yang bergerak di bidang energi terbarukan.

Produk dari Gepo Energy adalah genteng fotovoltaik, yaitu genteng dan modul surya berlapis kaca pembersih sendiri. Selain itu, atap ini juga dilengkapi dengan sistem IoT cerdas untuk memantau kondisi lingkungan dan melakukan pekerjaan pemeliharaan secara otomatis.

Baca juga: Angkutan Umum di DIY Tak Lagi Diperhatikan, Peneliti UGM Tawarkan Solusi Ini

“Kami sangat bersyukur dan senang Gepo Energy terpilih menjadi tiga besar di ajang Pertamuda ini,” ujarnya dalam keterangan resmi., Selasa (13/12/2022).

Mahasiswa asal Purwokerto itu juga mengapresiasi dukungan Direktorat Kemahasiswaan UGM, khususnya Subdit Pengembangan Karakter Mahasiswa yang selama ini telah memberikan fasilitas dan dukungan kepada timnya.

“Mudah-mudahan kita terus berevolusi untuk menciptakan energi bersih dan terjangkau di Indonesia sejalan dengan fokus SDG point 7,” kata Lathief.

Baca Juga: Kepala SMPN 2 Ngemplak Ungkap Kronologis Deretan Siswa Terobsesi di Bali

Ketua Jurusan Kewirausahaan UGM, Suprijani, mengatakan sebelum mengikuti acara tersebut, tim dari UGM mendapatkan pelatihan dan pendampingan yang ekstensif sebelum akhirnya menjadi tuan rumah kompetisi Pertamuda.

“Kesuksesan mahasiswa UGM pada ajang kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi bangsa dan tentunya memberikan inspirasi, meningkatkan semangat untuk terus berkarya dan berwirausaha di kalangan mahasiswa,” ujar Suprijani.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button