Mahasiswa Asing Peserta I Yes Humaniora Terpesona dengan keindahan kota Batu - WisataHits
Jawa Timur

Mahasiswa Asing Peserta I Yes Humaniora Terpesona dengan keindahan kota Batu

Mahasiswa Asing Peserta I Yes Humaniora Terpesona dengan keindahan kota Batu

Batu (Beritajatim.com) – Mahasiswa asing peserta program International Youth-Enhancing Study (I-YES) Fakultas Ilmu Budaya UIN Maliki Malang terpukau dengan keindahan kota Batu. Ke-12 mahasiswa dari berbagai negara itu terkagum-kagum saat mengunjungi kota Batu.

Peserta dari Mesir, Turkmenistan, Zimbabwe, Palestina, Madagaskar, Sudan, Tunisia, Afghanistan, Yaman, Yordania, Bangladesh, dan Pakistan mengungkapkan keheranannya. Salah satunya adalah Shanazar Sarryev dari Turkmenistan. Dia merasa nyaman di Kota Batu. Menurutnya, udara di Kota Batu sejuk. Ini membuat dia dan anggota grup lainnya berlama-lama di sana.

“Suasananya cozy, alamnya asri, apalagi udara disini sejuk. Buat dirimu betah di sini,” jelasnya dalam bahasa Indonesia terpatah-patah. Mereka mengunjungi lumbung petik stroberi di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Para mahasiswa asing terlihat begitu nikmat memetik strawberry lalu menikmatinya bersama.

FYI The Strawberry Picking Barn adalah perusahaan agrowisata terkemuka dari desa Pandanrejo. Wisata berbasis potensi desa digarap oleh BUMDes Raharjo bekerjasama dengan generasi muda dari Karang Taruna.

Destinasi wisata ini sudah sangat populer sejak tahun 2018 lalu. Ada berbagai jenis stroberi yaitu California, Rosalinda, Weet Charlie, Holybrite dan Grande.

Mereka kemudian diajak menjelajahi destinasi wisata khas Kota Batu lainnya. Dimulai dengan agrowisata petik apel di desa Bumiaji, ekowisata Coban Talun di desa Tulungrejo. Dan terakhir di Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park Group.

“Menyenangkan touring di Kota Batu. Apalagi jika Anda berwisata ke Coban Talun dengan jeep. Dengan medan yang menantang, tapi tempatnya sangat indah,” jelas Shanazar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu (Disparta) Arief As Siddiq mengatakan puluhan mahasiswa asing bisa menjadi ajang promosi wisata mancanegara di Kota Batu. Ia berharap kunjungan wisatawan mancanegara juga meningkat. Tahun 2022 katanya akan ada 7 juta kunjungan wisatawan.

“Tentunya dengan hadirnya wisatawan mancanegara, pariwisata Kota Batu akan berkembang lebih baik. Disparta berkomitmen untuk pengembangan desa liburan wisata. Jadi banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi di Kota Batu,” jelas Arief. [dan/beq]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button