Mahasiswa Akbidyo STIK inisiasi kehadiran Cafe Jamu di Imogiri - WisataHits
Yogyakarta

Mahasiswa Akbidyo STIK inisiasi kehadiran Cafe Jamu di Imogiri

Mahasiswa Akbidyo STIK inisiasi kehadiran Cafe Jamu di Imogiri

tanpa judul

Krjogja.com – TOLONG – Pembukaan dan Peresmian Cafe Jamu Cinta Cafe (Cananga) Educational Garden Cafe dilaksanakan pada Sabtu (22/10/2022) di Dusun Mojolegi, Karangtengah Kalurahan, Kapanewon Imogiri, Bantul. Program ini digagas oleh tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafar) STIKs Akbidyo. Program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tanaman obat keluarga. Termasuk mengembangkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang 14 jenis tumbuhan obat.

Mahasiswa STIKes Akbidyo Amelia Sholu Pratiwi mengatakan, peresmian Taman Edukasi Jamu Cinta Tanaman Obat Keluarga (Kananga) ini merupakan implementasi program hibah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. “Kegiatan ini dipelopori oleh PPK Ormawa, sebuah program peningkatan kapasitas organisasi kemahasiswaan. Alhamdulillah Alhamdulillah kami mendapat dukungan dana dari pemerintah. Salah satu program di sini adalah program yang kami buat untuk taman edukasi dan kafe Jamu Cananga. Kami berharap program ini menjadi yang terpenting untuk memetakan keanekaragaman hayati tanaman obat keluarga,” ujarnya.

Pada awalnya terdapat tanaman obat dari jenis Simpang Mangga dan Simpang Ireng di daerah Karangtengah. Jenis jamu ini paling berkembang. Lantas bagaimana koleksi mangga dan ireng ibu-ibu di Mojolegi bisa dijadikan komoditas wisata? Di kafe, Jamu menawarkan beberapa minuman olahan.

“Ini setelah selesainya kegiatan 5 bulan Akbidyo STIKe. Program berlanjut, kami memiliki sekitar 25 kader yang disebut kader Toga. Yang kami latih akan terus berlanjut,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga dibekali dengan pengetahuan budidaya tanaman obat keluarga secara konvensional. “Ada 14 jenis tanaman yang kami tanam di taman pendidikan, kemudian ibu-ibu juga mendapatkan sosialisasi tentang menanam tanaman obat,” ujarnya.

Kepala Desa Karangtengah Kapanewon Imogiri, Haryanto, mengatakan kegiatan Akbidyo STIK ini diharapkan dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. “Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata peresmian yang juga dihadiri oleh Dusun Mojolegi Yasin Taufiq, ketua regu kenanga Fitri Pramundari AMD.

Haryanto mengatakan, keakraban yang terjalin antara mahasiswa masyarakat dan desa merupakan modal utama keberhasilan program. “Mari kita perkuat kerjasama yang telah terjalin dengan kehendak Tuhan yang merupakan cita-cita mahasiswa Akbidyo STIK,” jelasnya. (Roy)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button