Magetan buka destinasi wisata baru, Kebun Buah Srogo - WisataHits
Jawa Timur

Magetan buka destinasi wisata baru, Kebun Buah Srogo

Magetan membuka destinasi wisata baru Kebun Buah Srogo.

Beritatrends, Magetan – Wisata alam kembali naik daun di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ya, Kebun Srogo kini bisa menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana hijau sambil belajar berbagai buah.

Kebun Srogo yang baru diresmikan terletak di Jalan Raya Panekan, Desa Tawanganom, Kabupaten Magetan. Dikelola oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan, lokasi tempat wisata ini berjarak kurang lebih 15 menit/2,5 km dari pusat kota Magetan.

Peresmian dusun Srogo ditandai dengan ucapan selamat dan doa bersama pada Minggu (24/7022) oleh Bupati Magetan Suprawoto didampingi Wakil Bupati Magetan, pimpinan DPRD, ketua OPD dan undangan lainnya.

Selain itu, bantuan mesin panen padi combine, UV dryer untuk unit penggilingan padi/gedung RMU, mesin penyortir beras/penyortir warna dan unit kendaraan roda tiga juga diserahkan kepada perwakilan Gapoktan pada kesempatan tersebut.

Di kebun seluas dua hektar itu ditanam 830 pohon dari 22 jenis buah-buahan, antara lain jambu kristal, jambu air, buah naga, belimbing, sawo, alpukat, durian, lengkeng.

Ada juga jeruk, srikaya, coklat kemerah-merahan, melon, semangka dan buah-buahan modern lainnya, serta sejumlah sayuran.

Selain menyajikan buah segar, kawasan Kebun Buah Srogo juga menawarkan bibit buah kepada pengunjung untuk dijual.

“Kebun Srogo nantinya bisa menjadi tempat wisata. Oleh karena itu, DTPHPKP akan menambah fasilitas pendukung. Seperti beberapa paviliun dan fasilitas modern lainnya yang bisa dijadikan objek selfie dengan latar belakang Gunung Lawu. Ini baru tahap awal, kedepannya akan kita tambah fasilitas lagi”, ujar Ketua DTPHPKP Magetan Uswatul Chasanah.

Hingga pemberitahuan lebih lanjut, warga bisa masuk ke Kebun Srogo secara gratis. Namun, warga yang ingin memetik buah akan ditimbang dan dikenakan biaya sesuai panen.

Sementara itu, Bupati Suprawoto mengatakan, 3 tahun lalu ketika pertama kali menjadi Bupati, Kebun Srogo digagas untuk menjadi ladang investasi bagi investor di Kabupaten Magetan.

“Semoga bisa menjadi etalase (showcase) produk buah-buahan di Magetan. Orang yang datang ke sini bisa menjual bibit buah sehingga bisa menarik wisatawan untuk berinvestasi. Kita butuh visi menanam pohon, butuh waktu, tidak bisa instan, harus punya konsep yang bagus dan buahnya harus dari Magetan,” jelasnya.

“Kami juga punya lahan kalau-kalau ada yang mau investasi di sini,” tambah Suprawoto.

Source: beritatrends.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button