Magelang News - Kesegaran Sendang Maren, Mata Air Alam Sawangan Magelang - WisataHits
Yogyakarta

Magelang News – Kesegaran Sendang Maren, Mata Air Alam Sawangan Magelang

BERITAMAGELANG.ID – Menjelajahi pariwisata di Magelang tidak akan pernah ada habisnya. Dikelilingi oleh lima gunung, daerah ini memiliki banyak atraksi yang ditawarkan. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata buatan hingga wisata kuliner, semuanya bisa ditemukan di Magelang.

Magelang menjadi tujuan wisata ketika wisatawan membutuhkan tempat untuk melepaskan diri dari rutinitas. Apalagi bagi mereka yang ingin merasakan kesegaran dan kesejukan. Seperti salah satu destinasi di Magelang yang menyuguhkan suasana alam yaitu Sendang Maren.

Sendang Maren mungkin banyak yang belum tahu tempat ini karena bukan tempat wisata melainkan tempat pemandian umum. Sendang Maren adalah mata air di lingkungan yang masih asli. Situs ini terletak di Desa Maren, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Awalnya, Sendang Maren hanya digunakan oleh warga Desa Maren dan sekitarnya untuk mandi atau keperluan lainnya. Namun akhir-akhir ini mata air alami ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar daerah untuk berenang atau sekedar berfoto-foto.

Airnya yang jernih seolah menyegarkan hati dan rasanya ingin langsung terjun dan merasakan segarnya air alami. Selain itu, lokasinya masih alami dan dikelilingi banyak pohon besar.

Gemericik air Sendang Maren yang jernih menjadi daya tarik bagi orang-orang yang datang ke sana. Seperti salah satu wisatawan asal Yogyakarta, Laras, rela pergi jauh-jauh mengunjungi Sendang Maren untuk melepas penat.

“Segar, airnya jernih, suasananya sejuk. Pokoknya enak banget buat yang suka berenang, dan tempatnya juga tenang dan menyejukkan, jadi bisa juga menghilangkan penat,” kata Laras.

Meski kedalamannya mencapai 2 meter bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut seperti bebatuan, ikan dan lebih dari satu tumbuhan bawah laut.

“Saat berenang di Pemandian Sendang Maren tidak dipungut biaya masuk atau gratis, dan pengunjung cukup membayar parkir saja,” jelas Laras.

Saat ini Sendang Maren dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang dan berfungsi sebagai sumber air untuk beberapa wilayah di Kabupaten Magelang.

Meski tidak seramai wisata lainnya, beberapa warga setempat mendirikan warung-warung kecil saat hari libur bagi pengunjung yang membutuhkan jajanan atau minuman. Hal ini dapat mendukung warga untuk mencari nafkah tambahan.

Source: beritamagelang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button