Magelang News - Desa memiliki peran penting sebagai subyek pembangunan - WisataHits
Yogyakarta

Magelang News – Desa memiliki peran penting sebagai subyek pembangunan

BERITAMAGELANG.ID – Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi didampingi Forkompimcam Candimulyo meresmikan kegiatan pembenahan kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Candimulyo Khas Tugu Hotel, Yogyakarta, Jumat (8/5/2022) .

Dalam sambutannya Nanda Cahyadi menyampaikan bahwa desa merupakan daerah otonom yang berperan penting dalam mengelola, memperkuat dan memajukan sumber daya yang ada, baik alam maupun manusia.

Pemerintah desa juga memegang peranan penting sebagai subjek pembangunan dan merupakan motor penggerak utama penyelenggaraan pemerintahan tingkat desa untuk mendorong terciptanya pelayanan yang baik bagi kepentingan masyarakat.

“Melalui capacity building ini, diharapkan desa mampu menciptakan sinergi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengelola pemerintahan desa,” harap Nanda.

Menurutnya, desa, di sisi lain, juga memiliki sumber daya alam yang berbeda dengan produktivitas pertanian yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang produktif, kreatif dan inovatif. Dengan cara ini diharapkan masyarakat akan saling berlomba membangun desa yang tidak terpaku pada pengembangan bentuk fisik.

“Jadi desa perlu dikelola dengan pengelolaan yang baik dari segi pemanfaatan lingkungan, misalnya sebagai desa wisata, desa kerajinan atau desa religi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, dilaporkan ketua panitia Triono, tujuannya agar melalui pelatihan ini para peserta mampu melaksanakan pengelolaan dana desa tahun 2022 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, sehingga pengelolaannya berjalan dengan baik. sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Nantinya para peserta diharapkan mampu menyusun dokumen, memahami, mengedit dan menggunakan aplikasi Siskeudes dengan benar, serta mampu melakukan penagihan tepat waktu,” jelas Triono.

Sebagai informasi: Pelatihan peningkatan kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Candimulyo ini diikuti oleh masing-masing desa dan mengirimkan 4 orang yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, tim pengelola kegiatan dan operator Siskeudes dengan jumlah peserta 76 orang.

Source: beritamagelang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button