Lustrum XVI Padmanaba, alumni SMAN 3 Kota Yogyakarta bagi-bagi kacamata gratis - WisataHits
Yogyakarta

Lustrum XVI Padmanaba, alumni SMAN 3 Kota Yogyakarta bagi-bagi kacamata gratis

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – Ratusan alumni SMAN 3 Yogyakarta datang ke sekolahnya pada Sabtu (17/9/2022). Kedatangan para alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini dimaksudkan untuk menyemarakkan Lustrum XVI Padmanaba yang bertempat di kampus sekolah setempat. Salah satunya berpartisipasi dalam pembagian kacamata gratis.

Ketua Umum Lustrum XVI Padmanaba, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH MH mengatakan, hal tersebut diangkat oleh panitia dalam rangka HUT ke-80 yang jatuh pada 19 September lalu. Melayani tanpa henti, berbagi setiap hari.

Sejak awal tahun 2022, Panitia Lustrum XVI Padmanaba telah menyiapkan berbagai kegiatan sosial untuk memeriahkan sekolah. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap alumni lintas generasi di sekolahnya.

“Dalam rangkaian kegiatan Lustrum XVI Padmanaba, kami juga mengikutsertakan kepala sekolah, guru dan siswa yang masih aktif di sekolah. Hal ini turut memperkuat ikatan alumni dengan guru dan almamater,” ujar Zudan didampingi kepala sekolah SMAN 3 Kota Yogyakarta dr. Mhum dan Ketua Panitia Pembangunan Gedung Grha Padmanana, Triyanto.

Puluhan kegiatan sosial dilakukan oleh Panitia Lustrum XVI Padmanaba. Antara lain, khitanan massal 80 anak di Kabupaten Bantul pada 26 Juni 2022, berbagi kebahagiaan dengan mengunjungi tempat wisata bersama 80 guru dan staf Padmanaba, membagikan beras, dan membagikan paket sembako.

“Kami juga melakukan pemeriksaan mata gratis dan memberikan kacamata kepada siswa. Selama pandemi, siswa telah belajar online smartphone dan komputer, sehingga banyak pelajar yang mengalami gangguan kesehatan mata,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Kedudukan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Dalam rangka menyemarakkan Lustrum Padmanaba ke-16, panitia juga mengadakan acara berbagi pengalaman prestasi dalam 8 cara berbeda bagi mahasiswa, seminar psikologi persiapan ujian masuk PTN dan pencatatan e-KTP atau pengganti KTP yang rusak. .

“Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum, yang berlangsung mulai 10-17 September 2022. Kegiatan ini dilakukan oleh 40 alumni yang berprofesi sebagai dokter,” jelas Zudan.

Zudan-Arif-2706eded4dc22f1ac.jpg

Panitia juga membangun sumur bor, sebagai wujud kepedulian alumni terhadap masyarakat yang sering mengalami krisis air minum. Air mancur ini dibangun pada tanggal 31 Agustus 2022 di Kotamadya Kabupaten Kulonprogo. Juga pembagian paket sembako kepada 21 panti asuhan di Yogyakarta.

Selain itu, kegiatan sosial lainnya melaksanakan kegiatan olahraga, seperti: sepeda untuk berbagi, bersepeda dengan suku cadang, golf, dan kompetisi antar kelas. Puncak dari Lustrum XVI Padmanaba adalah peresmian Grha Padmana dan duel antar generasi serta Bazar UMKM.

Gedung senilai Rp 17 miliar itu rencananya akan diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP turut hadir dalam peresmian gedung 7 lantai tersebut.

Gedung ini dibangun sebagai hadiah dari alumni kepada almamater untuk menambah ruang, melestarikan bangunan bersejarah, dan mendukung program Pemerintah Merdeka Belajar.

“Grha Padmanaba dibangun sebagai bentuk kepedulian dan dedikasi lulusan terhadap sekolah. Dananya berasal dari kerjasama alumni dan donatur,” kata Ketua Panitia Pembangunan Grha Padmanaba, Triyanto.

Direktur SMAN 3 Kota Yogyakarta Dr. Kusworo Spd. MHum mengucapkan terima kasih kepada para alumni yang telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Lustrum XVI Padmanaba. Menurutnya, kepedulian para alumni tersebut mendorong para guru dan staf untuk menjalankan tugasnya di SMAN 3 Kota Yogyakarta dengan lebih semangat.

“Terima kasih kepada panitia Lustrum XVI Padmanaba dan para alumni yang telah mengasuh mahasiswa. Mereka melakukan pemeriksaan mata dan memberikan kacamata gratis kepada siswa,” jelas Kusworo.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button