Lupakan hiruk pikuk kota, nikmati sejuknya mangrove sambil menelusuri sungai desa Tambakcemandi, Sidoarjo - WisataHits
Jawa Timur

Lupakan hiruk pikuk kota, nikmati sejuknya mangrove sambil menelusuri sungai desa Tambakcemandi, Sidoarjo

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Ada pendakian sungai baru di Sidoarjo. Lokasinya berada di Desa Tambakcemandi, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Wisatawan bisa naik perahu menyusuri sungai dengan pemandangan hutan bakau di kanan kirinya. Sebuah perahu berkapasitas 12 penumpang.

Perahu yang digunakan di tempat wisata baru itu milik BUMDes Tambakcemandi. “Ini luar biasa,” kata Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di sela-sela peresmian resor wisata itu, Minggu (27/11/2022).

Bersama Camat Sedati, Abu Dardak, Forkopimka Sedati dan seluruh kepala desa di Kecamatan Sedati, Wakil Bupati Subandi mencoba turun langsung ke sungai dengan perahu. “Menurut saya, melihat destinasi wisata di sepanjang sungai menawarkan potensi yang sangat besar. Kondisi alamnya masih alami, sangat cocok sebagai wisata keluarga di tengah hiruk pikuk,” ujar Subandi.

Menurutnya, Pemkab Sidoarjo sangat mendukung keberadaan tempat wisata, khususnya desa wisata. Bukan tanpa alasan sektor pariwisata telah memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) dalam beberapa tahun terakhir baik melalui devisa maupun melalui perputaran ekonomi.

“Pengembangan pariwisata memiliki arti yang sangat penting dalam berbagai aspek. Dari sisi ekonomi, sektor pariwisata telah memberikan kontribusi terhadap PDB dalam beberapa tahun terakhir baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi,” ujar Abah Subandi, sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo.

Selain itu, lanjut Subandi, sektor pariwisata dapat membuka peluang usaha jasa pariwisata, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta menciptakan banyak lapangan kerja. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa Tambak Cemandi dan sekitarnya.

Program Desa Wisata, lanjutnya, tidak lepas dari program Presiden RI Joko Widodo. “Wisata desa menjadi salah satu prioritas Presiden, khususnya tahun 2023. Warga diimbau berwisata ke desa-desa, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Subandi juga mengajak seluruh elemen untuk membantu dalam proses pengembangan pariwisata, termasuk para pemuda. Potensi di Desa Tambak Cemandi cukup besar dan kawasannya masih alami.

“Perlu dikembangkan secara berkelanjutan, tidak berhenti disitu, potensi lingkungan masih alami. Di sini banyak jenis satwa dan burung, bisa dijadikan wisata edukasi untuk anak-anak,” harapnya.

Pengelola Desa Tambak Cemandi Khoirudin berharap dengan adanya wisata tepi sungai ini dapat membawa kesadaran Desa Tambak Cemandi kepada masyarakat luas. Selain itu, sungai tersebut bisa menjadi ikon desa Tambak Cemandi.

“Semoga dengan adanya wisata sungai ini masyarakat desa Tambak Cemandi semakin sejahtera dan sejahtera kedepannya,” ujar Khoirudin. *****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button