LPPM UWKS melatih keterampilan menahan banjir bagi warga Desa Wisata Kebangsren Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

LPPM UWKS melatih keterampilan menahan banjir bagi warga Desa Wisata Kebangsren Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) yang memberikan pengetahuan peningkatan keterampilan penanggulangan bencana banjir dan melakukan pelatihan pembuatan sumur resapan dan biopori bagi masyarakat Desa Wisata Kebangsren, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Kegiatan yang dilakukan pada Minggu (18/12/2022) adalah Program Kemandirian Masyarakat (PKM), Program Insentif Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis pencapaian Key Performance Indicators (IKU) dan berbasis Pembelajaran Kampus Mandiri Mandiri (MBKM).

Tim yang terlibat dalam program kegiatan ini adalah Dr. Ria Tri Vinata SH., LLM, Dr. Phil.Sarah Yuliarini, SE, M.Ak., CFP, Nur Khalimatus Sadiyah SH, MH, Dr. Raden Besse Kartoningrat, SH, MH, Desy Nurkristia Tejawati, SH., M.Kn dan Akbar Bayu Kresno Suharso, ST, MT

Dalam mengatasi permasalahan keterampilan mitigasi banjir, masyarakat Desa Wisata Kebangsren Kecamatan Genteng Kota Surabaya akan mendapatkan pemahaman dan pemahaman akan pentingnya mitigasi bencana dan strategi pembuatan sumur resapan dan biopori.

Dr. Ria Tri Vinata SH., LLM menjelaskan bahwa sosialisasi ini mengutamakan landasan praktis, yaitu tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga melatih masyarakat untuk mempraktekkan dan menerapkan pengurangan risiko bencana.

“Misalnya, jika terjadi bencana banjir, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, siapa dan aset apa yang harus diselamatkan terlebih dahulu,” katanya.

“Penambahan pengetahuan tentang pengurangan risiko bencana penting agar masyarakat memahami bahwa ada cara lain untuk mengatasi masalah bencana, yaitu melalui pemanfaatan teknologi pengurangan risiko bencana berupa sumur resapan Biopori,” lanjutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button