Longsor tebing setinggi 40m menutup jalur Bromo, menjebak wisatawan dalam kemacetan selama 2 jam - WisataHits
Jawa Timur

Longsor tebing setinggi 40m menutup jalur Bromo, menjebak wisatawan dalam kemacetan selama 2 jam

Bebas repot

Tebing setinggi 40 meter itu runtuh, menghalangi jalur wisata ke Gunung Bromo. Turis terjebak kemacetan selama sekitar dua jam.

Longsor terjadi sekitar pukul 17.30 WIB di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur lereng Gunung Bromo selama 5 jam.

Longsor material memblokir jalan menuju Bromo. Banyak warga dan wisatawan yang ingin ke Gunung Bromo terjebak longsor. Juga dari arah berlawanan.

BPBD Kabupaten Probolinggo menggunakan alat berat untuk membersihkan material longsoran. Penduduk setempat dan TNI/Polri mendukung BPBD di lokasi. Butuh waktu hampir satu jam untuk membersihkan material longsoran di jalur Bromo dengan menggunakan alat berat.

Sopir wisata asal Malang, Rizki, mengaku terjebak kemacetan selama hampir 2 jam karena longsoran salju. Meski begitu, dia mengapresiasi petugas yang cepat tanggap.

“Salam buat warga dan petugas gabungan yang membersihkan material longsoran. Sekitar satu jam setelah pembersihan material longsoran. Dan bisa melanjutkan perjalanan menemani tamu dari Singapura yang ingin berlibur ke Bromo,” kata Rizki, Minggu (27/11/2022) malam.

Camat Sukapura Bambang Yulius mengatakan, pembersihan material longsoran cepat selesai karena menggunakan alat berat. Pembersihan lumpur yang tersisa akan dilanjutkan besok karena lokasinya terlalu gelap.

Tebing setinggi 40 meter itu runtuh, menghalangi jalur wisata ke Gunung Bromo.  Turis terjebak kemacetan selama sekitar dua jam.Alat berat membersihkan material longsor/ Foto: M Rofiq/ detikJatim

“Dalam seminggu terjadi 3 kali longsor di Desa Wonokerto. Kami dan semua pihak yang terlibat selalu tanggap dan cepat agar arus lalu lintas wisata ke Gunung Bromo tidak terlalu lama terganggu,” kata Bambang kepada detikJatim.

“Kami mengimbau warga dan wisatawan untuk lebih berhati-hati saat hujan deras. Dua desa yakni Ngadirejo dan Wonokerto rawan longsor,” imbuhnya.

Saat ini ada 9 titik longsor di jalur wisata Gunung Bromo. Namun, hanya yang di Wonokerto saja yang mengganggu lalu lintas.

Tonton Video ‘Longsor Tutup Rute Bromo, Wisatawan Terjebak Macet Selama 2 Jam’
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button