Longsor menghancurkan jalur utama kawasan wisata Maribaya-Lembang - WisataHits
Jawa Barat

Longsor menghancurkan jalur utama kawasan wisata Maribaya-Lembang

Bandung Barat

Ruas Jalan Maribaya di Kawasan Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terputus Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 09.00 WIB setelah longsor material dari tebing di sepanjang jalan yang longsor.

Jalur ini merupakan pintu gerbang utama dari kawasan Lembang menuju tempat wisata dan pemukiman penduduk serta sentra budidaya sayuran yang tersebar di sejumlah desa termasuk Cibodas. Akses ini juga merupakan jalur alternatif dari Lembang menuju Kabupaten Bandung melalui perkebunan teh dan kebun kina.

“Ini jalur antar desa, di atas ada dua desa dan tempat wisata. Jadi jalurnya benar-benar terhambat saat ini,” kata Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya saat dihubungi.

Dindin mengatakan, saat ini pihak kepolisian langsung menutup akses jalan untuk melakukan proses evakuasi material longsor yang menutup jalan agar bisa segera dilalui kembali, terutama dengan bus pariwisata.

“Saat ini, bersama Polres Lembang, TNI dan BPBD, kami terus berkoordinasi untuk segera menggunakan alat berat untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan,” kata Dindin.

Namun, saat mengevakuasi dan membersihkan material longsoran, potensi longsor susulan dari tebing harus diperhatikan. Jika keamanan dikonfirmasi, evakuasi ulang dapat dilakukan.

“Kami meminta warga dan pengendara untuk bersabar menunggu evakuasi selesai, semoga tidak ada lagi tanah longsor,” kata Dindin.

Dindin mengatakan, arus lalu lintas di lokasi longsor saat kejadian berlangsung tenang. Tidak terlalu banyak kendaraan yang berangkat dari Lembang ke Maribaya dan sebaliknya, sehingga tidak ada korban jiwa.

“Ngomong-ngomong, rutenya sepi. Kendaraan dialihkan ke jalur alternatif yang menghubungkan desa-desa, tetapi kondisi jalan buruk,” kata Dindin.

(tei/tei)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button