Longsor Bromo Kembali, Akses Ditutup - PANTURA7.com - WisataHits
Jawa Timur

Longsor Bromo Kembali, Akses Ditutup – PANTURA7.com

Sukapura, – Longsor kembali terjadi pada Minggu siang (27/11/22) di jalur menuju Gunung Bromo, tepatnya di Dusun Jurangjontro, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Menurut informasi yang dihimpun, longsor terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. Sebelum bencana terjadi, wilayah Kecamatan Sukapura diguyur hujan deras selama kurang lebih 5 jam.

Tiba-tiba bukit di kanan jalan (dari Sukapura ke Bromo) runtuh. Beruntung tidak ada kendaraan yang melintas di longsor tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa.

Banyaknya material longsor yang membentang sekitar 15 meter dengan ketebalan mencapai 1 meter membuat jalur wisata tersebut tidak bisa dilalui.

Selain itu, potensi longsor susulan bisa terjadi mengingat ketinggian tebing bekas longsor mencapai 30 meter dengan kemiringan tebing 65-70 derajat.

Akibat longsoran ini, kendaraan yang melintasi kawasan wisata Gunung Bromo harus berhenti dan menunggu material longsoran dibersihkan.

“Saya mau bawa tamu ke hotel, karena ada longsoran, saya harus berhenti di sini sekitar 2 jam. Tamu yang saya bawa ke tempat tujuan saya bawa dengan kendaraan lain,” kata supir wisata Malang, Rizki.

Untuk membersihkan material longsoran, petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Tagana, TNI-Polri dan warga setempat bergotong royong membersihkan material tersebut.

Alat berat dikerahkan untuk mempercepat normalisasi jalan. Dalam waktu kurang dari 2 jam jalur wisata sudah bisa dilalui, meski kendaraan harus melaju perlahan.

Camat Sukapura Bambang Julius Wijanarko mengatakan, sebelum longsor siang tadi, longsor juga terjadi di kawasan tersebut pada pagi hari. Kurang dari 24 jam, bencana serupa terjadi.

“Dalam satu minggu itu, terjadi tiga kali longsor di jalur menuju Gunung Bromo. Untuk mencegah longsor lagi, kami mengerahkan alat berat dari dinas PUPR di Sukapura. Kalau terjadi longsoran bisa cepat teratasi,” kata Bambang.

Penerbit : Efendi Muhammad

Penerbit : Zainullah FT

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button