Lokasi, rute dan harga tiket - WisataHits
Jawa Timur

Lokasi, rute dan harga tiket

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga di Kediri, Jawa Timur, ada ekowisata yang terjangkau dan ramah anak yang bisa Anda kunjungi. Namanya BullSource. Jangan khawatir, tempat wisata ini benar-benar tidak memiliki banteng atau hewan liar lainnya.

Anda dapat menikmati suasana yang menyenangkan sambil bermain air, yang terutama akan menyenangkan anak-anak. Ada juga beberapa taman bermain untuk anak-anak. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Yuk Cek Di Bawah Ini Informasi Lengkap Tentang Wisata Sumber Banteng Di Kediri!

1. Ikhtisar Sumber Banteng

Sumber Banteng Kediri Info Wisata: Lokasi, Rute dan Harga TiketWisata Sumber Banteng (dok. swasta/Fatma Roisatin)

Sumber Banteng dulunya merupakan mata air yang digunakan warga untuk mencuci pakaian dan mandi. Tidak jauh dari mata air, airnya digunakan untuk memandikan ternak.

Seiring berjalannya waktu, Sumber Banteng kini dikembangkan menjadi ekowisata. Meski saat ini masih ada sebagian warga yang memanfaatkannya sebagai tempat mencuci pakaian.

Namun, tempat untuk berenang dan mencuci pakaian terpisah. Jadi tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa bermain air dengan nyaman.

Selain tempatnya yang indah, Sumber Banteng juga menyimpan sejumlah mitos. Seperti banyak orang luar kota yang percaya air Sumber Banteng memiliki khasiat obat.

Sementara itu, penduduk setempat percaya ada lubang di tanah yang menyerupai gua. Lokasinya tidak jauh dari sumber air. Kisah ini telah diwariskan secara turun-temurun di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar Sumber Banteng.

2. Lokasi, jam operasional dan harga tiket

Sumber Banteng Kediri Info Wisata: Lokasi, Rute dan Harga TiketWisata Sumber Banteng (dok. swasta/Fatma Roisatin)

Lokasi: Kecamatan Kwangkalan, Desa Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Waktu aktif: Senin-Sabtu pukul 07.00-17.00 WIB dan Minggu pukul 06.00-17.00 WIB.

harga tiket:

  • gratis dengan biaya masuk, tetapi Anda dapat menyumbang secara sukarela di kotak yang disediakan.
  • 2.000 IDR untuk parkir motor.
  • 5.000 IDR untuk parkir.
  • Rp 2.000 per orang untuk perjalanan perahu, satu perahu menampung empat anak atau dua orang dewasa.

3. Rute Menuju Sumber Banteng

Sumber Banteng Kediri Info Wisata: Lokasi, Rute dan Harga TiketWisata Sumber Banteng (dok. swasta/Fatma Roisatin)

Berasal dari Kabupaten Pare:

Jalan Raya Kediri-Pare-Jalan Diponegoro-Jalan Pemuda-Jalan Joyoskusumo-Jalan Kananga-Jalan Pringgodani-Sumber Banteng.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Dari pusat kota Kediri:

Jalan Dhoho-Jalan Pattimura-Brigjend Pol. IBH Pranoto (Jalan Mauni)-Jalan Durian-Jalan Kamboja-Jalan Yannga-Jalan Pringgodani-Sumber Banteng.

Dari Kabupaten Wates:

Jalan Wates-Kediri-Desa Janti-Carik Grojogan Janti-Wijaya Kusuma-Jalan Sumber Banteng.

Baca Juga : Informasi Wisata Waterbom Bali : Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

4. Aktivitas di Sumber Banteng

Sumber Banteng Kediri Info Wisata: Lokasi, Rute dan Harga TiketWisata Sumber Banteng (instagram.com/rinocacing)

Berbagai aktivitas seru bisa Anda lakukan di sini, terutama bersama anak-anak. Ada kolam khusus untuk memberi makan ikan koi. Anda bisa membeli pakan ikan koi seharga Rp1.000 per kantong plastik.

Ada juga kolam khusus untuk terapi ikan dan wisata perahu. Anda bisa naik perahu dan mendayung sepuasnya dengan harga terjangkau saat suasana tenang. Namun, jika ada banyak orang dalam antrean, waktu Anda akan terbatas.

Ada juga sejumlah taman bermain untuk anak-anak. Salah satunya adalah ayunan yang dapat menampung 4-6 anak.

Kolam renang untuk berenang atau berperahu cukup dangkal sehingga aman untuk anak-anak. Dilengkapi dengan fasilitas ruang cuci piring dan toilet. Anda harus membayar Rp 2.000 untuk menggunakan fasilitas ini.

Setelah puas berfoto selfie dan aktivitas seru, Anda bisa menikmati dapur yang ada. Seperti lontong kecap, lontong pecel, aneka menu es krim, hingga jajanan. Beberapa paviliun bisa menjadi tempat istirahat.

Dilengkapi juga dengan mushola, halaman dalam dan panggung kecil untuk acara-acara tertentu. Terkadang komunitas ibu-ibu melakukan senam di Minggu pagi.

5. Tips Berkunjung ke Sumber Banteng

Sumber Banteng Kediri Info Wisata: Lokasi, Rute dan Harga TiketSumber Wisata Banteng (instagram.com/tubaauliya)

Beberapa tips yang dapat digunakan saat mengunjungi Sumber Banteng adalah:

  1. Kami menyarankan Anda untuk mengendarai sepeda motor saat mengunjungi Sumber Banteng. Meski akses jalan mudah, tempat parkir mobil tidak terlalu luas. Apalagi kalau sudah penuh.
  2. Sebelum berenang, pastikan kondisi kolam dalam keadaan bersih. Hal ini dikarenakan kolam yang digunakan merupakan kolam alami dan ada kalanya saat musim hujan kotor atau mendung.
  3. Tempatnya asri dan sejuk, bahkan tidak perlu repot menggunakan tabir surya. Selain itu, agar tidak mencemari sumber.
  4. Meski terbilang dangkal, anak-anak tetap membutuhkan pengawasan saat berenang. Beberapa tempat di mana Anda bisa berenang memiliki kedalaman yang berbeda.
  5. Anda lebih baik datang lebih awal ketika akhir pekan. Semakin sore, tempat wisata ini semakin ramai. Namun ketika hari dalam seminggulebih baik datang pada siang hari untuk menikmati kesejukan.

Sumber Banteng merupakan destinasi wisata dengan harga terjangkau yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda bisa berperahu, berenang, memberi makan ikan, menikmati kuliner. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda ingin berkunjung ke Sumber Banteng?

Baca Juga : Informasi Wisata Karang Kenek Situbondo : Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button