Lion Dance Siap Jadi Juara Umum PON 2024 - WisataHits
Yogyakarta

Lion Dance Siap Jadi Juara Umum PON 2024

SuaraJakarta.id – Ketua Persatuan Olahraga Barongsai Indonesia Jakarta Hilda Kusumadewi mengatakan barongsai tidak lagi sebatas budaya etnis Tionghoa tetapi sudah resmi menjadi olahraga, baik secara nasional maupun global di Jakarta.

Ke depan, ia akan mempromosikan barongsai tidak hanya sebagai olahraga tetapi juga sebagai atraksi wisata.

“Bahkan dalam struktur kepemimpinan DKI Jakarta, kami sepakat untuk membuatnya berwarna. Ada orang-orang dari semua etnis, dan bukan hanya orang Tionghoa. Kami juga menyarankan untuk menghadiri acara resmi di Jakarta. Jadi stigma singa.“Tarian hanya untuk acara Imlek lambat laun akan hilang,” kata Hilda dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Hilda mengatakan dewan FOBI juga dibentuk di Jakarta. Bahkan di tiga wilayah Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur sudah banyak klub barongsai. Kehidupan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan akan dibahas secara singkat.

Baca Juga: Tampil Menakjubkan, Tim Lion Dance Polresta Sparta Solo Naik Ke Tingkat Kejuaraan Nasional

“Para pemain barongsai juga tidak semuanya Tionghoa. Selain itu, keterampilan dalam permainan barongsai dapat menjadi sumber penghasilan bagi para pemainnya. Khusus di Jakarta Utara, banyak pemain barongsai yang menjadi anggota TNI. Ini bukti nyata bahwa barongsai disukai oleh berbagai suku dan profesi,” katanya.

Sebagai orang baru di dunia olahraga, Hilda mengaku harus bekerja keras untuk bisa membawa barongsai lebih jauh lagi. Selain itu, Lion Dance 2024 akan digelar pada Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumatera Utara XXI/2024.

“Target jangka pendek Kejuaraan Nasional Tari Singa di Yogyakarta ini, para atlet DKI Jakarta harus bisa tampil maksimal. Dan itu akan menjadi tolak ukur keberhasilan di PON Aceh-Sumatera Utara 2024,” ujarnya.

Dikatakan, ia siap menjadi olahraga barongsai nomor satu di Jakarta karena digagas agar barongsai bisa lebih maju lagi di masa mendatang. Oleh karena itu, program yang akan dirancang tidak hanya fokus pada olahraga, tetapi juga akan dikembangkan ke dunia pariwisata.

“Selain prestasi olahraga, barongsai juga memiliki seni pertunjukan yang bisa dibawa ke bidang pariwisata. Sementara itu, PON Aceh-Sumatera Utara nantinya akan menggelar 10 set medali. Saya targetkan barongsai nanti jadi juara umum di PON 2024,” ujarnya.

Baca juga: Luar Biasa! FOBI Kota Semarang Raih Juara Umum Selekprov Jawa Tengah

Source: jakarta.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button