Lindungi alam dan kurangi emisi CO2 JMI menanam mangrove untuk Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Lindungi alam dan kurangi emisi CO2 JMI menanam mangrove untuk Indonesia

telusur.co.id – Jurnalis Perikanan Indonesia (JMI) melakukan penanaman mangrove untuk menjaga kelestarian alam desa Ambulu yang dimulai dengan penanaman mangrove bersama anak sekolah desa Ambulu pada Sabtu (11/12) di areal tambak mangrove desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon , Jawa Barat.

Selain penanaman mangrove, JMI juga memberikan bantuan rumah ibadah untuk Masjid Nur Iman di Kampung Wanacala Harjamukti, Kota Cirebon kemarin, Jumat (11/11).

Usai melakukan kegiatan sosial dalam dua hari ini, JMI juga melakukan fun fishing, yakni memancing di muara sungai sekitar Desa Ambulu, Losari, Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Ambulu Sunaji mengucapkan terima kasih kepada JMI karena desanya telah dikunjungi dan JMI telah berpartisipasi dalam budidaya mangrove untuk melestarikan alam desa.

JMI juga memberikan donasi kepada nelayan setempat.

Mengenai mangrove, Sunaji Kepala Desa Ambulu menjelaskan pentingnya penanaman mangrove karena mangrove berfungsi untuk membuang racun dari limbah.

Desa Ambulu juga telah membuat taman wisata mangrove, di mana tanaman mangrove telah ditanam selama lebih dari 20 tahun untuk mencegah abrasi. Untuk itu kita harus menjaga alam, dengan simbol “Kita jaga alam, maka kita juga akan dilindungi oleh alam”, kata Sunaji.

Menanam mangrove bisa terlihat hasilnya dalam 5 tahun ke depan, padahal mangrove bisa bermanfaat selama pertumbuhan tanaman, selain mencegah racun dan abrasi.

Direktur Eksekutif Yulianto mengatakan, komunitas ini sudah lama terlibat dalam kegiatan sosial dan melaksanakannya di berbagai daerah di Indonesia.
Ia berharap kegiatan positif dari JMI ini terus berlanjut di daerah lain di berbagai daerah.

Ia pun berharap kegiatan yang dilakukan kali ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sosial, JMI akan terus melakukan aksi sosial.

Pria yang akrab disapa Anton ini juga mengucapkan terima kasih kepada instansi korporasi dan perusahaan yang telah mendukung acara ini yaitu PetroChina International Jabung Ltd, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, PT Adaro Energy Tbk, XL Axiata, Pertamina Hulu Energi, Pertamina Hulu Indonesia , Pertamina Perta Arun Gas, Elnusa dan Warta JMI.

Pratama D. Persada, pembina JMI, menjelaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan JMI tidak hanya memancing, tetapi juga banyak kegiatan sosial, seperti menanam mangrove, sumbangan untuk keluarga nelayan dan membantu rumah ibadah.

“Intinya adalah bagaimana kita saling menjaga satu sama lain. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat membuat kita semua lebih sejahtera dan membuat Indonesia menjadi lebih baik,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pratama menyampaikan pesan agar JMI terus melakukan kegiatan sosial yang membantu daerah. Menurutnya, JMI perlu peka dan peduli terhadap lingkungan sosial dan JMI mengembangkan organisasi untuk menumbuhkannya.

Dalam kesempatan yang sama, Wahyu Oetomo, Communication & Steakholder Representative Pertamina Hulu Energi menyatakan menyambut baik kegiatan ini, yang merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya di wilayah Cirebon.

“Semoga aksi ini dapat menginspirasi semua pihak dan kami di Pertamina Hulu Energi akan mendukung kegiatan JMI yang peduli lingkungan sosial,” pungkasnya.[]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button