Lima bus macito bisa menjadi sarana untuk menggairahkan pariwisata di desa Kayutangan - WisataHits
Jawa Timur

Lima bus macito bisa menjadi sarana untuk menggairahkan pariwisata di desa Kayutangan

Lima bus macito bisa menjadi sarana untuk menggairahkan pariwisata di desa Kayutangan

SURYAMALANG.COM | MALANG – Keberadaan lima bus Malang City Tour (Macito) bisa menjadi sarana transportasi untuk mengantarkan wisatawan ke dan mengunjungi kawasan desa di Kayutangan.

Sekadar informasi, jumlah wisatawan yang masuk ke kawasan desa Kayutangan jauh lebih sedikit dibandingkan kawasan pinggir jalan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang Baihaqi berencana memberdayakan mantan Kakang dan Mbak Yu Kota Malang sebagai pemandu wisata di bus Macito. Mereka juga memandu wisatawan ke desa Kayutangan.

Di tengah Desa Kayutangan ini memiliki karakter wisata yang unik yaitu adanya rumah-rumah tua dari masa lampau.

“Kami akan sepenuhnya melibatkan Kakang dan Ms. Yu. Nantinya mereka bisa membantu saat Macito berputar. Mereka sudah dibekali ilmu budaya dan pariwisata, jadi nanti akan kita manfaatkan, termasuk mengajarkan sejarah pusaka Malang,” kata Baihaqi, Selasa (31/01/2023).

Baihaqi mengatakan, berdasarkan data kunjungan wisatawan tahun 2022, rata-rata 37.500 wisatawan datang ke Kota Malang setiap harinya.

Baihaqi menyampaikan bahwa potensi ekonomi yang sangat besar tersebut harus dimanfaatkan dan dikembangkan lebih lanjut bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

Hal ini harus berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Terkait ketenangan di kawasan Desa Kayutangan, dia berharap warga bisa bersabar karena pekerjaan konstruksi sedang berlangsung.

Bagian luar desa saat ini sedang dipercantik, sehingga banyak orang yang datang. Selain itu, pembangunan ditujukan untuk wilayah-wilayah di pedesaan.

“Perkembangan ini bertahap, kita bisa merasakan efeknya dalam lima atau sepuluh tahun ke depan,” ujarnya.

Baihaqi cukup optimistis jumlah wisatawan yang datang ke Kota Malang tahun 2023 akan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2022. Tingginya jumlah wisatawan yang datang ke Kota Malang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian kotamadya akan meningkat.

“Untuk memajukan dan mengoptimalkan destinasi wisata Kayutangan, kami bekerja sama dengan perangkat daerah di bawah arahan walikota. Apa yang dilakukan dinas perhubungan, apa yang dilakukan Satpol PP termasuk Disporapar untuk membandingkan, memperluas, dan mempromosikan? masyarakat agar sadar menjadi tuan rumah suatu destinasi wisata. Selain kegiatan yang dianggarkan, dilakukan penyuluhan kepada warga. Agar warganya ramah, kebersihan terjaga, pelayanan baik, sehingga wisatawan terkesan saat berangkat,” ujarnya.

Jumlah bus Malang City Tour di Kota Malang bertambah dua unit lagi. Sekarang total ada lima bus Macito. Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengatakan penambahan dua bus tersebut akan memberikan keleluasaan bagi wisatawan untuk menjelajahi kota dengan menggunakan bus. Sebelumnya, banyak warga yang mengantre untuk mengejar bus karena unit yang terbatas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button