Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata sejarah di Kulon Progo - WisataHits
Yogyakarta

Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata sejarah di Kulon Progo

Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata sejarah di Kulon Progo

Memuat…

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan kulinernya yang lezat, tetapi juga tempat-tempat bersejarah dengan kisah-kisah penting di baliknya. Salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta adalah Gua Sriti. Foto/Instagram

YOGYAKARTA Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, kulinernya yang lezat, tetapi juga tempat-tempat bersejarah dengan kisah-kisah penting di baliknya. Salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta adalah Gua Sriti.

Gua Sriti di Duku, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, menjadi saksi sejarah penaklukan Indonesia dari penjajahan. Gua ini diketahui pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro pada zaman dahulu pada masa penjajahan Belanda.

Di Gua Sriti, Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi, biasa disingkat Abdul Hamid.

Alasan pengangkatan Pangeran Diponegoro adalah untuk menjadi pemimpin negara merdeka sekaligus pemimpin agama.

Baca Juga: Menparekraf Tinjau Obyek Wisata Danau Toba yang Akan Menyerap Tenaga Kerja

Gua Sriti menjadi tempat persembunyian kedua dan menjadi ujung perlawanan Pangeran Diponegoro sebelum penangkapannya di Magelang.

Keindahan Gua Sriti

Lihatlah keindahan Goa Sriti, objek wisata sejarah di Kulon Progo
Jalan menuju Gua Sriti cukup bagus, berupa cor beton. Masih banyak tumbuhan dan pepohonan yang rimbun di kanan dan kiri jalan, yang membuat jalur menuju gua terasa nyaman.

Selain mendapatkan wawasan baru dari sisi sejarah, para pecinta foto pasti akan menyukai tempat wisata ini.

Gua Sriti ini berada di bawah tanah dan termasuk dalam desa wisata Tinalah, yang selain tempat wisata sejarah, menawarkan keindahan gua yang dihiasi stalaktit dan stalagmit putih.

Di dalam gua Anda bisa merasakan suasana lembab dan gelap yang sedikit memacu adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button