Lihat pesona wisata Gunung Dempo yang menawarkan kesejukan - WisataHits
Jawa Tengah

Lihat pesona wisata Gunung Dempo yang menawarkan kesejukan

Kawasan wisata Gunung Dempo merupakan salah satu objek wisata di Kota Pagaralam, tepat di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Gunung Dempo juga merupakan gunung berapi aktif sekaligus puncak tertinggi Bukit Barisan yang membentang di selatan Sumatera. Tak heran jika gunung ini menjadi tujuan para pemanjat tebing. Gunung ini berada di ketinggian 3.173 meter di atas permukaan laut (mpdl).

Kawasan wisata Gunung Dempo juga dikenal sebagai penghasil biji kopi Robusta dan bahan baku teh kualitas ekspor. Terletak di dataran tinggi, destinasi wisata ini menawarkan udara segar dan sejuk.

Selain itu, kawasan wisata ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Tak heran bila akhir pekan dan hari libur tiba tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Kegiatan Wisata di Pegunungan Dempo

Tempat wisata di kaki Gunung Dempo ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas penunjang wisata seperti; B. Akomodasi dengan berbagai fasilitas dan juga pusat perbelanjaan oleh-oleh. Dikutip dari situs jadesta.kemenparekraf.go.idBerikut destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kaki Gunung Dempo.

1. Kebun Teh

Kebun teh di kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Dempo. Luas kebun teh ini sekitar 1.523 hektar (ha). Perkebunan teh ini menghasilkan hingga 15.381 ton teh basah. Saat ini ada 3.434 ton teh kering.

Kebun teh ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, lebih tepatnya sejak tahun 1929. Daun teh dari kebun ini diolah menjadi beberapa merek teh lokal, seperti teh ortodoks, CTC dan teh hijau. Jenis olahan daun teh yang paling terkenal dari tanaman ini adalah produk teh hitam. Beberapa produk dari Kebun Teh Kaki Gunung Dempo tidak hanya diolah menjadi teh merek lokal, tetapi juga diekspor ke beberapa negara.

Wisatawan bisa mengunjungi perkebunan teh ini sebagai pilihan aktivitas di kawasan wisata Gunung Dempo. Keunikan lain dari perkebunan ini adalah sebagian besar pemetik teh berbicara bahasa Jawa ketika Anda bertemu dengan mereka.

Karena para pemetik teh di sini dikirim oleh Belanda dari Jawa Tengah dan menetap di lereng Gunung Dempo. Tiket masuk Kebun Teh Gunung Dempo seharga Rp 5.000.

2. Air Terjun Mangkuk Curup

Curup Bowl merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan wisata Gunung Dempo. Air terjun ini mengalir dari bebatuan besar dan terdapat pepohonan di kedua sisinya. Wisatawan harus mendaki lereng gunung untuk mencapai air terjun ini. Meski jalan menuju Air Terjun Curup Mangkok sedikit curam, namun usaha tersebut sepadan dengan pemandangan alam yang Anda dapatkan.

Air dari lereng Gunung Dempo bersuhu dingin dan segar. Wisatawan bisa bermain di kolam dangkal di sekitar air terjun ini. Di sekitar air terjun ini terdapat batu-batu karang berwarna-warni. Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, sehingga bisa dikunjungi bersama keluarga.

3. Air Terjun Curup Tau

Selain Curup Mangkok, Curup Embun merupakan air terjun lain yang menarik di kawasan wisata Gunung Dempo. Objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri dimana air yang jatuh berbentuk seperti embun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan volume air yang rendah.

Jumlah air yang relatif sedikit ini menyebabkan air yang jatuh berputar seperti embun saat mencapai dasar. Di bawah air terjun terdapat kolam batu alam dimana wisatawan bisa berenang atau bermain air.

4. Indahnya Air Terjun Lematang

Air terjun lain yang menarik di kawasan wisata Gunung Dempo adalah Lematang Indah, yang dapat ditemukan dalam perjalanan dari Pagaralam ke Lahat.

Keberadaan air terjun di kaki Gunung Dempo tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Karena berada tepat di pinggir jalur utama yang sering dilalui wisatawan maupun warga lokal. Aliran Air Terjun Lematang Indah berasal dari Sungai Lematang.

5. Tebat Gheban

Tebat Gheban adalah sebuah danau alam di kawasan wisata Gunung Dempo yang memiliki luas hingga 3 ha dan kedalaman 12 m. Di sore hari, danau ini menjadi hidup dengan pemancing. Pemancing berbaris di tepi danau dengan peralatan memancing mereka. Danau ini dipenuhi ikan mujair yang menjadi incaran para pemancing.

Selain ikan, Tebat Gheban juga memiliki banyak tambak udang milik nelayan setempat. Dikelilingi oleh pohon cemara, Tebat Gheban menawarkan pemandangan yang indah. Di sore hari matahari bersinar di atas air yang mengalir dengan tenang.

Tak heran bila banyak orang yang datang pada sore hari hanya untuk menikmati suasana atau untuk menyusuri jalan setapak sambil berlarian di sekitar danau.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button