Lihat fungsi saklar di Gua Terawang - WisataHits
Jawa Tengah

Lihat fungsi saklar di Gua Terawang

JAKARTA – Blora yang terletak di ujung Jawa Tengah ini menawarkan segudang wisata menarik diantaranya Gua Terawang atau disebut juga Gua Srawang yang terletak di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Seperti dilansir situs resmi Kabupaten Blora, goa seluas 13 hektar ini memiliki sejarah dan denominasi yang berbeda dari waktu ke waktu.

Pada zaman raja-raja Jawa, gua ini sebenarnya dimaksudkan sebagai tempat meditasi untuk mencapai wangsit atau kekuatan mistik lainnya.

Fungsinya pun berubah pada masa penjajahan Belanda. Gua ini tidak dimaksudkan sebagai markas pertempuran rahasia, tetapi sebagai tempat pertemuan Bupati Blora, sebelumnya Cokronegoro, dengan pejabat penting dari Belanda. Setelah sesi selesai, selalu ada pesta dansa di sini untuk petugas yang menghadiri sesi.

Baru ketika hubungan antara penjajah Belanda dan bangsa Indonesia memanas, gua ini menjadi tempat perlindungan dan pertempuran bagi para pejuang.

Kawasan Wisata Gua Terawang adalah kompleks gua yang tidak hanya mencakup Gua Terawang tetapi juga lima gua anak-anak lainnya di Gua Terawang. Hal ini menjadikan Gua Terawang sebagai gua utama dengan gua terbanyak di Jawa Tengah.

Lima gua lainnya adalah Gua Manggah, Gua Gombak, Gua Bebek, Gua Pigtail, dan Gua Harimau.

Gua Terawang sendiri terbentuk pada singkapan batugamping di Pegunungan Kapur Utara, pegunungan tersebut merupakan pegunungan kapur yang memanjang ke utara pulau Jawa.

Goa Terawang ini memiliki keunikan karena memiliki goa-goa yang memungkinkan masuknya sinar matahari terutama pada siang hari, dan kondisi di dalam goa yang cukup terang sehingga memungkinkan para wisatawan menjelajahi seluruh isi goa dengan leluasa.

Daya tarik lainnya adalah Gua Terawang yang panjangnya lebih dari 180 meter dan kedalaman 5 hingga 11 meter di bawah permukaan.

Gua ini penuh dengan stalaktit dan stalagmit yang diperkirakan berusia lebih dari 10 juta tahun.

Gua Terawang saat ini menjadi salah satu destinasi di Blora yang diminati oleh masyarakat untuk wisatawan dari luar daerah.

Selain ramai dengan kawasan goa, kita juga bisa menikmati pemukiman di sekitar kawasan wisata ini dengan rumah-rumah kuno Jawa.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button