Liburan Nataru, Tempat Wisata di Tebing Breksi & Kaliurang Diperkirakan Diblokir - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan Nataru, Tempat Wisata di Tebing Breksi & Kaliurang Diperkirakan Diblokir – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tebing Breksi Jogja. (Piktogram)

Solopos.com, SLEMAN — Obyek wisata unggulan di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang diperkirakan ramai saat liburan Natal dan Tahun Baru adalah Tebing Breksi dan kawasan Kaliurang. Jalan dua objek wisata unggulan diperkirakan akan mengalami kemacetan saat Nataru.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas situasional jika terjadi kemacetan di dua objek wisata tersebut.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

“Dari aspek kemacetan, objek wisata unggulan adalah Sleman, Breksi, dan Kaliurang,” ujarnya, Rabu (21/12/2022).

Arip mengatakan saat kondisi kemacetan di objek wisata tersebut melindasitu akan melakukan rekayasa lalu lintas sekali pakai bekerja sama dengan polisi.

Ia mengimbau wisatawan untuk memilih objek wisata lain selain dua tempat unggulan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengurai arus lalu lintas dan mencegah wisatawan terjebak kemacetan.

Baca Juga: Mendadak Kaya, Puluhan Warga Kalasan Sleman Dapat Tol UGR Jogja-Solo Rp 222 Miliar

Selain persiapan rekayasa lalu lintas, Dishub Sleman juga akan melakukan pemeriksaan jalan di dalam bus. Baik bus dari perusahaan bus (PO) maupun bus di lokasi wisata. Untuk bus ke tempat wisata pemeriksaan jalan dilakukan secara acak.

“Ini adalah persiapan untuk Nataru. Ini bagian dari mitigasi potensi risiko dari kondisi fisik kendaraan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan, dari sisi infrastruktur, Sleman siap menyambut wisatawan saat libur Nataru tahun ini. Sehingga arus lalu lintas menuju tempat wisata dapat berjalan dengan lancar.

Otoritas transportasi akan menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS) untuk mengatur arus lalu lintas di beberapa persimpangan utama di Sleman.

Baca Juga: Dugaan Korupsi di Dana Perawatan Stadion, Kejaksaan Selidiki Kadis Dikbud Bantul

“Kami akan terus memantau kepadatan lalu lintas. Jika istilah itu benar-benar muncul nanti di salah satu bidang bAngjo [traffic light] antrean panjang, nanti timer bAngjo bisa dilakukan pengecekan melalui kantor dinas perhubungan,” jelasnya.

Beberapa simpang yang dikendalikan ATCS antara lain simpang empat Syantikara, simpang empat UNY, simpang empat Ngablak, simpang Pasar Stan, simpang empat Tajem, simpang tiga Pamungkas, dan simpang tiga Colombo.

“Dinas perhubungan juga akan melakukan patroli lintas lalu lintas, jalan, titik kemacetan dan jalur alternatif. Juga melakukan pengendalian lalu lintas ke objek wisata bersama dinas terkait,” lanjutnya.

Pesan ini telah diposting di Harianjogja.com dengan judul Bersiaplah! Tebing Breksi dan Kaliurang diperkirakan akan tersangkut saat Nataru

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button