Liburan di Jogja, saatnya mencicipi wedangan tradisional ini - WisataHits
Yogyakarta

Liburan di Jogja, saatnya mencicipi wedangan tradisional ini

Harianjogja.com, JOGJA—Liburan di Jogja tidak lengkap rasanya tanpa mencoba kuliner khasnya. Kota yang penuh dengan budaya ini juga memiliki beragam kuliner khas yang wajib kamu coba ketika datang ke Jogja.

Wedang atau minuman panas sudah biasa di Jogja. Kota ini memiliki banyak jenis wedangan yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia.

Wedangan di Jogja tidak hanya menghangatkan badan, tapi juga menjadi tempat berkumpul bersama teman-teman. Berikut rekomendasi warung wedangan di Jogja.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

Wedang Ronde Lek Dhie

Wedhang Ronde Lek Dhie adalah salah satu wedang bulat pilihan di kota Jogja. Minuman ini cocok saat udara terasa dingin, seperti udara Jogja saat itu.

Lokasinya tidak jauh dari Malioboro yaitu di Jalan Dagen. Dengan isian kolang kaling, bulatan, roti dan taburan kacang dan gula merah, wedang ronde ini berbeda dengan ronde lainnya.

Putaran ini dibuka mulai pukul 18.00 WIB hingga 01.00 WIB. Harganya murah cuma Rp 10.000 untuk mangkok.

Wedang Tahu Bu Kardi

Di Jogja, ada penjual Wedang Tahu yang terkenal dan selalu laris di kalangan pembeli, yaitu Wedang Tahu Bu Kardi. Berlokasi di Jalan Kranggan Cokrodiningratan No.75, Jetis, Kota Jogja, budaya kuliner budaya Tionghoa ini tidak pernah sepi pelanggan.

Wedang Tahu adalah minuman tradisional yang terbuat dari sari kedelai yang diberi saus jahe. Rasa hangat dari saus jahe yang dipadukan dengan kelembutan tahu wedang membuat mangkuk wedang ini cocok untuk mengawali hari.

Sukardi, pemilik warung tahu wedang, biasanya mulai berjualan pada pukul 06:30 WIB. Jangan terlambat jika Anda tidak ingin keluar. Semangkuk tahu wedang dijual seharga 7.000 rupiah.

Bajigur Tamansari

Menikmati bajigur di malam hari bisa menjadi salah satu cara untuk menghangatkan tubuh saat berwisata ke Jogja. Jika Anda ingin mencoba bajigur yang enak, cobalah Bajigur Tamansari.

Minuman berbahan dasar kelapa, jahe, serai, kayu manis, cengkeh, dan pandan ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Booth yang terletak di dekat Tamansari di Jalan Letjen S. Parman, Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja ini sudah dibuka sejak pukul 17.00 WIB.

Stand Wedang Bajigur ini sudah berdiri selama 20 tahun. Tidak hanya populer di kalangan warga Yogyakarta dan wisatawan. Karena menurut laporan, SBY berlangganan Wedang Bajigur ini saat masih menjabat sebagai Presiden ke-6.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button