Liburan bareng keluarga, ini dia 4 rekomendasi tempat wisata edukasi di kebun raya - WisataHits
Jawa Barat

Liburan bareng keluarga, ini dia 4 rekomendasi tempat wisata edukasi di kebun raya

Parapuan. bersama – Memutuskan tempat liburan keluarga bisa jadi sulit dan mudah. Pasalnya, terkadang kita mengharapkan tempat wisata yang tidak hanya menyenangkan bagi orang dewasa tetapi juga memiliki nuansa edukasi bagi si kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, PT Mitra Natura Raya (MNR), perusahaan pengelola kebun raya terintegrasi terbesar di Indonesia, akhirnya memperkenalkan inovasi di empat kebun raya yang dikelolanya. Yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Inovasi tersebut dilakukan MNR setelah melihat hasil survei internal yang mengungkapkan hampir 90 persen pengunjung datang ke kebun raya untuk wisata. Namun, MNR juga meyakini bahwa kebun raya memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya selain wisata, yaitu sebagai tempat perlindungan tanaman, penelitian, jasa lingkungan dan pendidikan.

Berdasarkan temuan tersebut, MNR juga menerapkan berbagai inovasi agar setiap kegiatan di kebun raya dapat membawa nilai edukasi bagi pengunjung.

“Khususnya untuk generasi muda, yang merupakan salah satu kelompok terbesar pengunjung kebun raya. Kami ingin semakin banyak aspek pengetahuan dan edukasi yang dapat diperoleh pengunjung selama berwisata di Kebun Raya,” jelas Marketing Manager and Revenue PT Mitra Natura Raya, M. Bayu Sumarijanto.



Inovasi yang dilakukan berupa QR code (plant ID) yang ditempelkan pada tumbuhan di kebun raya, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi nama umum dan latin, ciri dan foto tumbuhan.

Selain itu, MNR juga meluncurkan program Study Tour, Tour De Kebun Raya, Virtual Tour, Education Class, hingga akun media sosial @kebunraya_id yang meliputi Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dan Youtube.

“Khusus untuk virtual tour, inovasi ini merupakan respon MNR terhadap pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat untuk mengunjungi Kebun Raya. Tur virtual menawarkan komunitas kesempatan untuk mengenal kebun raya secara langsung on line yang meliputi edukasi tentang flora dan fauna di Museum Zoologi. Program ini diikuti oleh lebih dari 50.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia,” kata Bayu.

Di Kelas Edukasi, pengunjung diajarkan cara menanam, merawat dan merawat tanaman yang dipandu langsung oleh tenaga ahli dari Kebun Raya.

Baca Juga: Tempat Konser Stray Kids Terdekat, Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Ancol

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button