Libur Tahun Baru, Tingkatkan Kunjungan ke Kampoeng Heritage Kajoetangan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Libur Tahun Baru, Tingkatkan Kunjungan ke Kampoeng Heritage Kajoetangan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Libur Tahun Baru, Tingkatkan Kunjungan ke Kampoeng Heritage Kajoetangan |  Berita Malang hari ini |  Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Libur tahun baru kemarin menjadi berkah bagi wisata bertema desa di Kota Malang. Kampoeng Heritage Kajoetangan mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan.

Hal itu disampaikan Ketua Pokdarwis Kampoeng Heritage, Kajoetangan, Mila Kurniawati, Malang Posco Media, Minggu (1/1). “Ya, sepertinya jumlah pengunjung akan bertambah. Apalagi di penghujung tahun seperti kemarin. Kami sebelumnya mengharapkan peningkatan. Memang belum dua kali lipat, tapi peningkatan kunjungan wisatawan sekitar 25 persen,” kata Mila.

Meski tidak menyebutkan secara persis rata-rata kunjungan harian, Mila mengatakan sebagian besar wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal. Namun, Anda masih bisa melihat turis asing berjalan-jalan di desa ini.

Libur Tahun Baru, Tingkatkan Kunjungan ke Kampoeng Heritage Kajoetangan |  Berita Malang hari ini |  Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita |  Gambar WhatsApp 2023 01 01 pada 17.42.49Foto: Ian/MPM

“Biasanya masih banyak yang lokal dari Malang dan sekitarnya. Kemudian sekarang juga banyak dari Jakarta, Semarang dan kota lainnya. Sepertinya paket liburan keluarga. Kalau banyak turis asing yang backpacker, satu atau dua orang akan datang ke sini meski tidak menginap,” jelas Mila.

Mila mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan dibandingkan tahun lalu tentu sangat berbeda. Karena tahun lalu masih ada pengendalian dan pembatasan Covid-19, sedangkan tahun ini tidak ada. “Jadi perhitungannya ya kita baru mulai pertengahan tahun lalu ya ada kenaikan yang signifikan dalam enam bulan ini. Paling tinggi November dan Desember lalu,” kata Mila.

Untuk menarik lebih banyak wisatawan, Mila mengumumkan bahwa pihaknya akan mengadakan acara rutin tahunan pada tahun 2023 dengan dampak yang lebih besar dari tahun lalu. Bekerjasama dengan UMKM lokal, pihaknya akan menyelenggarakan beberapa festival di desa tersebut. “Kami masih ada event dan yang kami daftarkan adalah event Lebaran dan Snack Parade di bulan Oktober. Kemudian diharapkan ke depannya juga ada acara Padang Mbulan, Festival Syawal 15 ada musik, tapi malam bulan purnama,” jelas Mila.

Terkait rencana penerapan satu arah di Koridor Kayutangan, banyak warga yang khawatir akan berdampak secara ekonomi dan sosial. Dari Pokdarwis sendiri, Mila enggan berkomentar apakah akan terkena dampak atau tidak. Namun, ia berharap pariwisata di Kampoeng Heritage Kajoetangan dapat terus berkembang dan meningkat. “Tentang itu khususnya, saya ‘tidak punya komentar.’ Karena setelah warga ke dewan (protes rencana satu arah, redaksi), ada sosialisasi dan kebetulan saya tidak hadir,” ujarnya. (ian/udi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button