Libur tahun baru di pantai Lampung, wisatawan diminta waspada terhadap buaya - WisataHits
Yogyakarta

Libur tahun baru di pantai Lampung, wisatawan diminta waspada terhadap buaya

Libur tahun baru di pantai Lampung, wisatawan diminta waspada terhadap buaya

TEMPO.CO, jakarta – Selain kondisi cuaca ekstrim, wisatawan yang datang ke pantai kota Bandarlampung Provinsi Lampung perlu memperhatikan hal lain saat libur tahun baru 2023: Buaya perlu dijaga.

“Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati karena hingga saat ini buaya tersebut belum tertangkap,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung Antoni Irawan, Sabtu, 31 Desember 2022 di Bandarlampung.

Antoni mengatakan imbauan tersebut ditujukan bagi warga pesisir dan wisatawan yang akan mengadakan kegiatan liburan wisata pantai di Kota Bandarlampung pada akhir tahun. Sebab menurut informasi masyarakat, buaya tersebut pernah terlihat di beberapa titik perairan di pesisir Kota Bandarlampung, seperti Pulau Pasaran, Pelindo Panjang, Lempasing dan terakhir Kali Belau.

“Menurut informasi yang kami terima, kemungkinan ada dua ekor buaya yang belum tertangkap selama ini,” kata Antoni.

Dari beberapa informasi yang berhasil dihimpun, ternyata buaya tersebut lolos dari penangkaran. Pasalnya, reptil berbadan besar ini tidak tampak terancam oleh keberadaan manusia di dekatnya.

“Tapi bukan berarti bisa sedekat mungkin dengan dia, tidak boleh karena berbahaya,” kata Antoni.

Untuk mengatasi hal tersebut, Antoni mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) karena buaya termasuk satwa yang dilindungi. “Selama ini berkoordinasi dengan BKSDA, upaya penangkapan buaya terus dilakukan. Sebagai hewan yang dilindungi, kami terus memantau keberadaan buaya tersebut,” katanya.

Antoni juga meminta masyarakat yang melihat penampakan buaya agar segera melapor ke pamong atau dinas terkait setempat agar bisa ditindaklanjuti.

Berkendara ke Lamping

Lalu lintas lintas ke Lampung dari pelabuhan Merak dihentikan sementara pada Sabtu, 31 Desember 2022 mulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB. Hal itu disebabkan gelombang tinggi akibat cuaca ekstrem.

Seorang pejabat Kementerian Perhubungan di Dermaga 3 Pelabuhan Merak Hasan mengatakan, arus kendaraan menuju Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni Lampung saat ini lancar tanpa kemacetan dibanding Sabtu lalu. Saat ini kondisi Pelabuhan Merak relatif aman dan normal sehingga penyeberangan lancar. “Kami sudah mengamati kondisi cuaca di pelabuhan Merak selama dua hari, dijamin aman untuk pelayaran,” ujarnya.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Provinsi Lampung Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button