Libur Panjang Nataru, Berikut Jalur Alternatif di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Libur Panjang Nataru, Berikut Jalur Alternatif di Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Libur panjang Natal dan Tahun Baru diprediksi sejumlah kota besar akan ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satunya adalah Yogyakarta. Kota sejarah dan budaya ini masih bisa dijadikan destinasi liburan populer.

Kementerian Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengurai kemacetan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta Ni Made Dwi Panti Indrayanti pada Jumat (23/12/2022).

“Ada 4 jalur alternatif tempat wisata ke Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan kota Yogyakarta. Titik-titik kemacetan sudah kita petakan, jadi ada zona merah, kuning, dan hijau,” kata Made, Jumat (23/12). 2022).

Baca Juga: Perhatikan bahwa ini adalah puncak dari mudik dan surutnya liburan Nataru

Ilustrasi Jalan Malioboro di Daerah Istimewa Yogyakarta.Dermaga. Ilustrasi ANTARA dari Jalan Malioboro di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. Kendaraan menuju Kulon Progo dapat menggunakan jalur alternatif di ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, ruas Temon-Troya-Brosot, ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot dan ambil Jembatan Timbang Kuaru.

2. Sedangkan kendaraan yang menuju Gunungkidul dapat melewati ruas Dlingo-Dodogan-Playen, Wonosari-Karangmojo-Semin, Sambipitu-Sambirejo dan JJLS Panggang-Rongkop.

3. Nantinya wisatawan atau warga lokal yang akan ke Sleman bisa melewati ruas Candi-Pakem-Cangkringan-Kalasan, tidak perlu melalui jalur utama di Jalan Magelang. Kemudian jalur kedua bisa melewati Ruas Klangon-Candi Godean, Ruas Melati-Balangan-Dekso, Ruas Denggung-Beksi, Ruas Kuroulon-Johonalang, Ruas Prambanan-Piyungan, Ruas Candi Klangon-Sedayu-Minggir.

4. Kemudian untuk jalur alternatif ke Bantul bisa menggunakan jalur Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang, jalur Brosot-Srandakan-Bantul, jalur Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang.

Tak hanya itu, Made juga mengingatkan ada ruas jalan di Bantul dan Gunungkidul yang rawan longsor.

Longsor di jalan menuju Pantai Siung, GunungkidulKhusus Rescue Satlinmas Doc Area I Longsor di jalan menuju Pantai Siung, Gunungkidul

Baca Juga: Libur Nataru, 22.000 Kendaraan Menyerbu Jateng

“Untuk jalur rawan longsor ada beberapa tempat seperti Piyungan, Jogja-Wonosari-Patuk, Pracimantoro-Rongkop, Dekso, Muntilan, Samigaluh, Temon, Panggang. Kami akan laporkan ke petugas dan kemudian berkoordinasi dengan pihak kepolisian, termasuk BPBD BMKG. Cuaca juga akan cukup ekstrim di penghujung tahun 2022. Alhamdulillah jalur Piyungan yang roboh kemarin bisa dibuka saat libur Nataru,” kata Made.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button