Libur Natal dan Tahun Baru, Sandiaga Uno mengungkapkan tingkat hunian hotel meningkat - WisataHits
Jawa Tengah

Libur Natal dan Tahun Baru, Sandiaga Uno mengungkapkan tingkat hunian hotel meningkat

Libur Natal dan Tahun Baru, Sandiaga Uno mengungkapkan tingkat hunian hotel meningkat

TEMPO.CO, jakarta – Dinamika liburan Natal dan Tahun Baru membawa angin segar bagi sektor pariwisata, termasuk perhotelan. Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan okupansi hotel selama libur akhir tahun cukup menggembirakan.

“Hotel favorit sudah 100 persen terpesan di beberapa destinasi wisata unggulan seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Bali. Tingkat okupansi kamar secara keseluruhan ada yang mencapai 80 hingga 90 persen,” kata Sandiaga di Jakarta, Senin, 2 Januari 2023.

Namun, menurut Sandiaga, okupansi hotel-hotel di pesisir selatan dan utara Pulau Jawa mengalami penurunan. Hal ini konon karena cuaca ekstrim yang membuat masyarakat khawatir sehingga enggan untuk berkunjung.

Meski demikian, kata Sandiaga, pergerakan wisatawan cukup besar. Menurut survei Badan Kebijakan Perhubungan Departemen Perhubungan, 44,2 juta orang direlokasi selama liburan Natal dan Tahun Baru. Sebanyak 9,1 juta orang melakukan perjalanan pada Hari Natal, 19 juta pada Natal-Tahun Baru dan 15,6 juta pada Hari Tahun Baru 2023.

Dari pergerakan tersebut, 11,02 persen menggunakan angkutan udara, kata Sandiaga.

Destinasi dengan pergerakan terbanyak adalah Jawa Tengah 8,7 juta, Jawa Timur 7,7 juta, Jawa Barat 6,5 juta, Jabodetabek 4,7 juta dan Yogyakarta 3,6 juta. Kota dan kabupaten yang menjadi target pergerakan terbanyak adalah Yogyakarta 1,9 juta, Bandung 1,3 juta, Malang 1,19 juta, Kota Bandung 1,18 juta, dan Kabupaten Bogor 988,8 ribu.

Sandiaga juga mengungkapkan bahwa pergerakan wisatawan di Bali cukup menggembirakan. Selama libur Natal dan Tahun Baru 19-29 Desember 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 624.925 penumpang atau rata-rata 56.811 orang per hari. Sebanyak 3.776 pergerakan penerbangan terlayani selama periode tersebut, yang terdiri dari 2.265 pergerakan penerbangan domestik dan 1.511 pergerakan penerbangan internasional.

Baca juga: Saat Sandiaga Uno menyambut turis internasional pertama di tahun 2023

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button