Libur Natal dan Tahun Baru, Basarnas Yogyakarta mulai menyiagakan tim jet ski di pantai - WisataHits
Yogyakarta

Libur Natal dan Tahun Baru, Basarnas Yogyakarta mulai menyiagakan tim jet ski di pantai

TEMPO.CO, Yogyakarta – Badan SAR Nasional atau Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai menyiagakan berbagai peralatan dan tim relawan untuk menghadapi meningkatnya gelombang kunjungan wisatawan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru atau Libir Nataru. Berbagai peralatan telah digunakan baik untuk operasi patroli maupun penyelamatan di daerah sasaran, yang merupakan tujuan utama para wisatawan.

Salah satunya terletak di kawasan pesisir selatan Yogyakarta yang membentang di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo. Tim jet ski bertujuan untuk waspada di titik pantai yang paling padat, mengundang risiko kecelakaan turis.

“Salah satunya tim jet ski yang akan bersiaga di Pantai Gunungkidul serta titik pantai lainnya mulai 30 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023,” kata Kepala Basarnas DI Yogyakarta Kamal Riswandi di sela-sela acara Natal dan Natal. Pemanggilan Khusus Tahun Baru Petugas Peringatan SAR di Yogyakarta, Selasa, 20 Desember 2022.

Kamal mengatakan, pantai-pantai di kawasan Gunungkidul saat ini dianggap sebagai tujuan wisata yang populer bagi wisatawan dari luar daerah. Namun, pantai-pantai indah di Gunungkidul juga harus mewaspadai potensi bahaya dengan karakteristik ombaknya yang liar.

Keterangan: Basarnas Yogya mulai menyiagakan tim jet ski di kawasan pantai selatan untuk mengamankan pariwisata menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. Dermaga. Yogyakarta-nya Basarna

Selama 2022, sejumlah wisatawan menjadi korban keganasan ombak di Pantai Gunungkidul. Misalnya, pada April 2022, wisatawan asal Palembang tersesat saat diterjang ombak saat berfoto di bebatuan Pantai Siung.

Kemudian, pada Juli 2022, giliran seorang turis asal Sukoharjo, Jawa Tengah, yang meninggal akibat terjangan ombak di Pantai Drini dan baru ditemukan setelah dua hari di Pantai Krakal Gunungkidul. Sementara itu, pada September 2022, seorang guru besar UGM juga meninggal dunia setelah disapu ombak saat reuni di Pantai Pulang Sawal Gunungkidul.

Sedangkan pada November 2022, dua wisatawan tersapu ombak saat bermain di Pantai Seruni dan Pantai Jungwok di Gunungkidul. *Tim jet ski ini akan bekerja sama dengan Satlinmas SAR setempat untuk melindungi wisatawan,” kata Kamal.

Tak hanya tim jet ski, dalam Operasi Siaga SAR Khusus Nataru di kawasan pantai Gunungkidul, Basarna DIY menerjunkan tim patroli yang dilengkapi ambulans yang sudah berisi parasut penyelamat, tas medis, peralatan perakitan, atau evakuasi lapangan vertikal.

Ada pula tim patroli keliling yang bersiaga di kawasan Pantai Congot, Kabupaten Kulonprogo. Tim ini akan memantau kerentanan di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pantai wisata di kawasan Kulonprogo, dan kawasan jalan Wates-Purworejo.

“Sembari membantu pemantauan kecelakaan lalu lintas di wilayah Wates-Purworejo, kami juga menerjunkan tim penanganan khusus untuk membantu, misalnya korban kecelakaan yang terjepit di badan kendaraan,” kata Kamal.

Di posko SAR Pantai Parangtritis Bantul, personel Basarnas yang mendukung Satlinmas SAR Parangtritis yang dilengkapi dengan kendaraan Patroli Pantai juga disiagakan. “Pelaksanaan siaga SAR khusus hari raya Nataru akan berlangsung selama 16 hari sejak 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023,” kata Kamal.

Baca juga: 5 ide wisata alam untuk natal dan tahun baru

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button