Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik XL Axiata Naik 50 Persen – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik XL Axiata Naik 50 Persen – Pojoksatu.id

Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik XL Axiata Naik 50 Persen – Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, Bogor – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil memantau dan melayani peningkatan permintaan data pelanggan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Dari pantauan antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata traffic bisnis selama periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 8% dibandingkan hari biasa dan sebesar 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Lalu lintas memuncak pada Malam Tahun Baru sebesar 50% dibandingkan kondisi siang hari normal. Seperti yang diperkirakan, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan.

Baca Juga: Mulai 2023, XL Axiata menawarkan bonus double odds sepanjang tahun

Sebaliknya, trafik untuk layanan legacy yaitu voice call hanya meningkat 2% dan SMS 5% dibandingkan hari biasa.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan: “Kami di XL Axiata telah mempersiapkan jaringan sejak lama untuk memastikan dan menjaga kenyamanan pelanggan selama liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2023. Ini merupakan komitmen XL Axiata untuk menjaga kualitas layanan Libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan malam tahun baru. Dan seperti yang telah kami perkirakan sebelumnya, terjadi peningkatan lalu lintas yang cukup signifikan mengingat mobilitas masyarakat yang melintasi berbagai daerah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah situasi pandemi yang mulai terkendali, sehingga memungkinkan masyarakat untuk bepergian dengan leluasa. ”

Gede melanjutkan XL Axiata juga bersyukur jaringan kami tetap terjaga selama musim liburan ini, tidak ada gangguan yang berarti karena XL Axiata sebelumnya telah mengambil beberapa langkah ke depan.

Diantaranya peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, penggelaran Mobile BTS (MBTS), penyiapan genset dengan bahan bakar di daerah rawan bencana, dan kesiapan membangun transmisi jaringan di daerah yang terganggu ke jaringan sekitar.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Jaringan XL Axiata Siap Tangani Peningkatan Traffic di Jabodetabek

Data XL Axiata juga menunjukkan aktivitas digital pelanggan yang tinggi selama liburan Nataru.

Meski tidak diberlakukan pembatasan perjalanan, lalu lintas di kawasan pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya masih menunjukkan peningkatan sekitar 8% dibandingkan hari biasa.

Kota dengan pertumbuhan lalu lintas tertinggi adalah Kabupaten Garut dengan kenaikan 29%, kemudian Kabupaten Cianjur dengan kenaikan 26% dan Kabupaten Bogor dengan kenaikan 24%.

Berdasarkan provinsi, provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY mencatat pertumbuhan lalu lintas tertinggi dengan peningkatan hingga 22%, kemudian provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21%, dan terakhir provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah sebesar 19%.

Tujuan wisata populer juga mengalami peningkatan lalu lintas yang signifikan. Lalu lintas di Bali meningkat hingga 21% dibandingkan hari biasa. Naik ke 90% di Solo Square dan 25% di Lombok.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang bepergian ke luar negeri untuk memanfaatkan program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300.000 pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia, Kamboja, dan Singapura.

Streaming mendominasi

Semua lalu lintas selama periode Natal dan Tahun Baru didominasi oleh lalu lintas dari layanan atau aktivitas streaming, diikuti oleh akses file, game, dan penelusuran web.

Lalu lintas dari layanan streaming naik 25% dibandingkan lalu lintas hari biasa, sementara lalu lintas game naik 35% dan penelusuran web naik 30%.

Secara khusus, untuk sejumlah platform media sosial populer, lalu lintas Facebook meningkat 9%, Twitter 6%, dan Instagram 19% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk layanan berbagi video, trafik di YouTube naik 24%, Tiktok naik 22%. Untuk layanan perpesanan, trafik WhatsApp meningkat 39% dan trafik Telegram 737%.

Selain itu, layanan Spotify tumbuh 3% dalam lalu lintas streaming musik dan Joox tumbuh 2%. Gaming memiliki traffic tertinggi di Mobile Legends sebesar 35% dari hari biasa.

Lalu Free Fire naik 78%. Untuk layanan streaming film, traffic ke Netflix naik 70% dibanding hari biasa, Disney+ naik 36%, Vidio naik 5%, WeTV naik 55%, dan Amazon Prime Video naik 61%.

Dan seperti biasa saat libur panjang, trafik ke layanan kartu juga meningkat. Google Maps naik 42%, Waze GPS naik 40% dan Apple Map naik 21%.

XL Axiata terus meningkatkan jangkauan layanan dan kualitas jaringan data. Pengembangan untuk memperluas dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan terus dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, baik penambahan BTS 4G maupun fiberisasi.

Dimana hingga saat ini jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61.000 desa/kelurahan, 5.700 kecamatan dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, didukung oleh lebih dari 145.000 BTS termasuk lebih dari 90.000 BTS 4G serta jaringan tulang punggung serat optik yang membentang lebih dari 130.000 km mendukung jaringan data yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia yang luas.

Keberadaan jaringan data yang berkualitas turut berperan dalam mendukung proses digitalisasi di berbagai bidang sekaligus memfasilitasi peningkatan literasi digital bagi masyarakat luas.

Di awal Desember 2022, kualitas jaringan data XL Axiata juga diakui oleh lembaga survei independen terkemuka OpenSignal.

XL Axiata dinobatkan sebagai operator Indonesia terbaik dalam empat kategori, yaitu Kecepatan Unduhan, Pengalaman Video, Pengalaman Gaming, dan Pengalaman Aplikasi Suara. (*/Sudut)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button