Libur akhir tahun, jumlah pengunjung di Tamansari dan Kraton berlipat ganda - WisataHits
Yogyakarta

Libur akhir tahun, jumlah pengunjung di Tamansari dan Kraton berlipat ganda

Libur akhir tahun, jumlah pengunjung di Tamansari dan Kraton berlipat ganda

Harianjogja.com, JOGJA — Jumlah pengunjung di objek wisata Tamansari dan Kraton meningkat dua kali lipat selama liburan akhir tahun. Rata-rata kunjungan wisatawan ke Tamansari mencapai 3.000 orang dan Kraton mencapai 2.000 orang per hari selama liburan akhir tahun ini.

Pada hari libur biasa, rata-rata 1.500 wisatawan datang ke Tamansari dan hanya 800 orang ke Kraton. Peningkatan kunjungan ke kedua fasilitas wisata tersebut diimbangi dengan peningkatan jumlah pemandu wisata.

Lonjakan kunjungan wisatawan ke dua lokasi tersebut juga terlihat dari penuhnya lahan parkir yang terbentang hingga pinggir jalan di sekitarnya.

pemantauan joging setiap hari, Kepadatan tempat parkir kedua tempat wisata tersebut tidak menimbulkan kemacetan yang berarti. Arus kendaraan di dua lokasi itu masih terkendali.

Sekretaris Eksekutif Tamansari Nicolaus Ardiyanto menjelaskan, jumlah kunjungan liburan akhir tahun ini sama dengan liburan Idul Fitri di awal tahun. “Jumlah rata-ratanya sama, hanya pada dua momen liburan ini jumlah kunjungan meningkat drastis,” ujarnya, Minggu (1/1/2023).

BACA JUGA: target meleset! Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul kurang dari 150.000 orang

Nico mengatakan, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Tamansari akan kembali normal setelah 8 Januari dengan jumlah kunjungan normal sekitar 1,5 ribu orang per hari pada akhir pekan. “Hari ini [Minggu] agak berkurang dan sepertinya akan kembali normal akhir minggu depan,” jelasnya.

Tak banyak perubahan yang dilakukan Tamansari dalam menyambut liburan kali ini, jelas Nico. “Cuma rutin bersih-bersih dan memastikan jumlah pemandu wisata tersedia, total ada 85 pemandu wisata,” katanya.

Pengelola Wisata Kraton Darmoseputro mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan sudah diprediksi jauh-jauh hari. “Yang kami lakukan saat itu adalah menambah jumlah tour guide, rata-rata satu tour guide mendapat tiga rombongan wisatawan. Total ada 55 pemandu di sini,” ujarnya, Minggu siang.

Darmo menjelaskan, rombongan wisatawan keluarga mendominasi kunjungan ke keraton saat liburan akhir tahun. “Kalau libur biasa kebanyakan kelas sekolah, sekarang rombongan keluarga,” terangnya.

Meski jumlah pengunjung meroket, harga di Kraton dan Tamansari masih normal saat liburan akhir tahun. Menurut Darmo, tarifnya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Tamansari kini menggunakan tarif yang sama dengan Kraton.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button