Legendaris, Ini Deretan Candi di Jawa Tengah Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Legendaris, Ini Deretan Candi di Jawa Tengah Solopos.com

Legendaris, Ini Deretan Candi di Jawa Tengah Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Kelenteng Sam Poo Kong. (djkn.kemenkeu.go.id)

Solopos.com, SEMARANG Dalam menyambut Imlek atau Tahun Baru Imlek, tidak ada salahnya mengenal beberapa candi yang ada di Jawa Tengah (Jawa Tengah). Selain itu, Jawa Tengah (Jawa Tengah) sebelumnya dikenal sebagai salah satu tempat penyebaran budaya Tionghoa ke seluruh nusantara.

Sebagai daerah yang cukup kaya akan budaya Tionghoa, Jawa Tengah juga memiliki banyak kelenteng sebagai tempat ibadah para penganut Tri Dharma. Berikut beberapa candi terkenal di Jawa Tengah yang cukup melegenda:

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

1. Kelenteng Sam Poo Kong

Candi ini terletak di Simongan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, Sabtu (21/1/2023), Kelenteng Sam Poo Kong dulunya merupakan gua yang menjadi tempat peristirahatan Laksamana Ceng Ho saat berlayar. Selama berada di kawasan Simongan, Laksamana Ceng Ho mengajarkan banyak hal kepada warga setempat, seperti bercocok tanam, membangun rumah dan sebagainya.

Beriklan dengan kami

Karena itulah masyarakat Simongan menghormati Laksamana Ceng Ho meskipun dia beragama Islam. Belakangan, sebuah kuil dengan patung Laksamana Ceng Ho dibangun di tempat ini untuk menghormatinya. Kawasan kelenteng Sam Poo Kong memiliki luas yang cukup luas, bangunannya memiliki warna utama merah dan kental dengan karakter oriental. Pura ini terbuka untuk umum kecuali beberapa ruangan yang digunakan khusus untuk tempat ibadah.

2. Kelenteng Liong Hok Bio

Magelang tidak hanya terkenal dengan Candi Borobudur yang melegenda, namun juga memiliki destinasi wisata religi yang tak kalah menarik, yaitu Candi Liong Hok Bio. Selain sebagai objek wisata, klenteng ini juga aktif digunakan sebagai tempat berbagai jenis kegiatan, seperti pada perayaan Imlek, klenteng ini sering digunakan sebagai tempat pembagian makanan dan barang gratis. Jika Anda tertarik datang ke sini, Kelenteng Liong Hok Bio terletak di sekitar Alun-alun Magelang. Lebih menarik lagi jika Anda datang ke sini pada sore hari sambil menikmati keindahan lampion di Kelenteng Liong Hok Bio.

3. Kuil Tay-Kak-Sie

Kelenteng Tay Kak Sie terletak di Jalan Gang Lombok, tepat di Chinatown. Bangunan ini sangat monumental dengan arsitekturnya yang khas dan berbagai dekorasi yang berhubungan dengan kepercayaan Budha, Tao dan Khonghucu atau Khonghucu seperti naga dan patung yang menambah nuansa religi dan oriental candi ini. Di luar kuil terdapat bangunan berbentuk perahu yang meniru kapal layar Laksamana Ceng Ho. Kadang-kadang, berbagai kegiatan diselenggarakan di Kuil Tay Kak Sie, yang tidak hanya diikuti oleh orang Tionghoa tetapi juga turis dari berbagai etnis.

Beriklan dengan kami

4. Candi Welahan

Candi Welahan terletak di Desa Welahan, Jepara, Jawa Tengah. Kelenteng ini konon dibangun oleh seorang Tionghoa bernama Tan Siang Hie dan saudaranya bernama Tan Siang Djie. Kini bangunan ini dibuka untuk umum baik sebagai objek wisata maupun sebagai tempat ibadah. Tidak hanya pengunjung candi yang berasal dari Tiongkok, tetapi kebanyakan dari mereka datang ke sini untuk mengunjungi dan mengagumi keindahan Candi Welahan.

5. Kelenteng Cu An Kiong

Kelenteng Cu An Kiong, meski sudah berusia ratusan tahun, tetap memancarkan kekokohan. Tidak ada catatan mengenai tanggal pasti pembangunan candi ini. Candi ini terletak di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Penjarahan yang dilakukan tentara Belanda pada masa penjajahan disebut-sebut sebagai penyebab hilangnya bukti sejarah. Meski sudah direnovasi, ruang utama tidak berubah. Tembok candi yang tampak kental dengan arsitektur bangunan kuno ini kerap menjadi tumpuan pujian bagi setiap pengunjung yang mengunjunginya.

Selain itu, bangunan ini juga bercirikan detail dekoratif pada bagian atapnya. Sebagai simbol percampuran orang Tionghoa dan pribumi. Pada setiap Jubilee Thian Siang Seng, hari jadi klenteng, tanggal 23 bulan ketiga imlek, klenteng ini akan mengadakan rangkaian pertunjukan wayang kulit, klon gan dan gamelan.

Beriklan dengan kami

Candi di Jawa TengahKelenteng Cu An Kiong di Lasem, Rembang. (kunjungijawateng.jatengprov.go.id)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button