Lebih Bangga lagi, Ini 6 Fakta Unik Indonesia di Mata Dunia! : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Lebih Bangga lagi, Ini 6 Fakta Unik Indonesia di Mata Dunia! : Okezone Travel

PALING SEDIKIT Ada 6 fakta unik dan menarik Indonesia di mata dunia. Indonesia memiliki keanekaragaman yang unik dan kekayaan alam yang sangat besar. Tak heran jika kepulauan ini mengundang daya tarik bangsa asing.

Indonesia juga dikenal memiliki bahasa daerah terbanyak sehingga menarik di mata dunia internasional.

Namun, sebenarnya ada beberapa keunikan lain di Indonesia yang tidak banyak diketahui orang, bahkan orang Indonesia sendiri.

BACA JUGA:Pelajari tentang tradisi unik suku Gorontalo Polahi, Anda bisa menikah dengan saudara kandung Anda

Berikut 6 fakta unik dan menarik tentang Indonesia di mata dunia, dirangkum dari Instagram Peponi:

1. Kuil Buddha terbesar di dunia

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, merupakan candi Buddha terbesar di dunia dengan 1.460 ukiran di dindingnya dan salah satu koleksi ukiran Buddha terlengkap di dunia.

Kuil ini memiliki 504 patung Buddha yang menjadikannya sebagai situs ziarah spiritual bagi umat Buddha.

2. Rumah kadal terbesar di dunia

Komodo adalah kadal terbesar di dunia, yang dapat tumbuh hingga 3 meter. Hewan ini hanya terdapat di 5 pulau di Indonesia yaitu Pulau Padar, Gili Motang, Flores, Rinca dan tentunya Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Kawasan ini juga kini menjadi salah satu primadona pariwisata Indonesia yakni Labuan Bajo.

BACA JUGA:Tradisi unik mengasah gigi, simbol kecantikan bagi wanita suku Mentawai

3. Danau vulkanik terbesar di dunia

Danau Toba di Sumatera Utara adalah danau vulkanik alami terbesar di dunia. Danau ini berukuran sangat raksasa, diukur pada kedalaman 500 meter, dengan panjang 100 km dan lebar 30 km.

ilustrasi

Danau Toba (Okezone.com/Pradita)

Diperkirakan Danau Toba adalah tempat wabah monster yang terjadi 70.000 tahun yang lalu dan memusnahkan sebagian besar manusia saat itu.

4. Puncak pulau tertinggi di dunia

Puncak Jaya atau dikenal di dunia sebagai Cartenz Pyramid memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut dan terletak di pulau New Guinea (New Guinea), pulau terbesar kedua di dunia. Ini menjadikannya puncak dari pulau tertinggi di dunia.

Puncak ini dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Puncak Dunia (7 puncak dunia). Puncak ini terletak di provinsi Papua, menjadikannya satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki salju.

ilustrasi

5. Terletak di Cincin Api Pasifik

Secara geografis, Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, atau Pacific Ring of Fire, yang berlanjut dari Chili hingga Jepang dan Asia Tenggara.

Daerah ini merupakan titik pertemuan 3 lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Hal ini menempatkan Indonesia pada jalur gempa paling aktif di dunia.

6. Negara dengan bahasa terbanyak kedua di dunia

Indonesia memiliki banyak bahasa yang digunakan di seluruh nusantara, dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara. Indonesia memiliki 707 bahasa, peringkat kedua di dunia di belakang Papua Nugini dengan 840 bahasa.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button