Lamsel siap menjadi tuan rumah IX. Menjadi Jumbara Nasional – Hanuang.com - WisataHits
Jawa Tengah

Lamsel siap menjadi tuan rumah IX. Menjadi Jumbara Nasional – Hanuang.com

hanuang.com – Kabupaten Lampung Selatan siap menjadi tuan rumah IX. Tuan rumah Jum’at Bakti Gembira Nasional (Jumbara) yang akan diselenggarakan pada 26 Juni hingga 2 Juli 2023.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Palang Merah Indonesia Tengah (PMI), PMI Provinsi Lampung dan PMI Kabupaten Lampung Selatan mengkoordinasikan persiapan acara pada Jumat (21/10/22).

Guna mendukung persiapan yang lebih matang, Pemkab Lampung Selatan bersama rombongan PMI Pusat, Provinsi, dan Kabupaten melakukan survei langsung ke lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi penampung seluruh peserta Jumbara 2023.

Sedangkan Jumbara 2023 akan dilaksanakan di Desa Way Lubuk Kecamatan Kalianda. Perkemahan akan ditempatkan di Lapangan Way Handak Expo, sedangkan upacara pembukaan akan diadakan di Taman Wisata Agro Way Handak yang bersebelahan dengan bumi perkemahan.

Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung Rudi Sjawal Sugiarto mengatakan bahwa IX. Jumbara Nasional akan diikuti oleh 34 provinsi dan tamu dari berbagai negara. Rencana kegiatan tersebut didukung langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo.

“Menyusul keputusan Pak Jusuf Kalla selaku Ketua PMI Pusat tentang Jumbara di tingkat nasional yang sudah 6 tahun tidak dilaksanakan karena beberapa pertimbangan, dan atas kesediaan PMI Provinsi Lampung maka diangkatlah Provinsi Lampung. , khususnya Lampung Selatan menjadi tuan rumah Jumbara secara nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Palang Merah Remaja (PMR) dan Pusat Relawan PMI Sasongko Tedjo mengungkapkan beberapa faktor yang melatarbelakangi dipilihnya Kabupaten Lampung Selatan sebagai lokasi penyelenggaraan Jumbara Nasional 2023.

“Ada beberapa faktor, keadaan jalan tidak berlubang, lalu Tol Kabupaten Lampung Selatan juga selesai. Ini acara terbesar bagi relawan saat PMI dari tingkat PMR yang disebut Jumbara. Kami selalu mengadakannya. 5 tahun sekali, seharusnya tahun 2021, tapi kita kena Covid-19,” ujarnya.

Sasongko juga mengumumkan bahwa acara Jumbara terakhir diadakan di Kabupaten Pangkep di Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara itu, sebelumnya juga pernah diadakan di Gorontalo, Yogyakarta, Semarang. Untuk tahun 2023 selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk lokasi pelaksanaan, 70 persen sangat bersedia hanya menutup fasilitas lain seperti toilet, air, listrik dan sebagainya. Untuk camp ada sekitar 1.800 peserta, tapi biasanya ada perkenalan dan sebagainya, jadi ada sekitar 3.000 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin sangat mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan di tingkat nasional dan selanjutnya mendukung Kabupaten Lampung Selatan sebagai tuan rumah acara Jumbara IX.

Thamrin menjelaskan, tempat yang dijadikan sebagai venue Jumbara IX ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena dekat dengan fasilitas umum lainnya seperti GOR Way Handak, Rusunawa, Stadion Jati, Masjid, Kolam Renang dan Pusat Keamanan Publik (PSC) 119 dan terhubung langsung dengan Gerbang Tol Kalianda.

“Kita punya 7 pintu tol, selain itu kita punya banyak tempat wisata, ada air tawar, air payau, air asin, bahkan air panas. Alhamdulillah jumlah penduduk kita juga terbesar di Provinsi Lampung, garis pantai terpanjang di Provinsi Lampung dan ini akan sangat mendukung terselenggaranya jumbara ini,” kata Thamrin. (ptm)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button