Lama menginap wisatawan di Gunungkidul diperkirakan sampai 3 hari - WisataHits
Yogyakarta

Lama menginap wisatawan di Gunungkidul diperkirakan sampai 3 hari

KOMPAS.com – Bupati Gunungkidul Sunaryanto mengatakan rata-rata lama tinggal atau durasi menginap (LOS) oleh wisatawan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hanya sekitar 1,18 hari.

Ia berharap wisatawan bisa tinggal lebih lama, misalnya hingga tiga hari.

“Kalau (rata-rata lama tinggal) di Gunungkidul hanya satu titik terlalu banyak (hari), kami berharap paling tidak dua sampai tiga hari,” kata Sunaryanto saat ditemui di acara peluncuran buku. Gunungkidul Bali selanjutnya di Balai Taman Budaya Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat (19/8/2022).

Baca juga:

Menurutnya, penting untuk lebih mempromosikan dan meningkatkan sarana dan prasarana guna meningkatkan durasi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul. Termasuk perbaikan yang sudah ada.

“Itulah yang sering kami diskusikan dengan investor. Kondominium dan infrastruktur menjadi salah satu hal yang kami tawarkan kepada investor,” tambahnya.

Selain itu, Sunaryanto mengatakan memang ada investor yang ingin membangun di Bumi Handayani. Namun, sempat terkendala oleh pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun, akhirnya mereka menahan diri.

Sementara itu, dia menjelaskan, ada beberapa cluster yang akan dibangun di kawasan selatan, antara lain resort dan beberapa lokasi lainnya.

Sunrise di Stone Park Berasal dari Wisata Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunrise di Taman Batu Turunan Wisata Gunungkidul.

Baca Juga: 18 Wisata Pantai di Jogja, Daerah Paling Terkenal di Gunungkidul

Kemungkinan investasi di Gunungkidul

Sunaryanto berharap pihaknya dapat mengembangkan pariwisata Gunungkidul bersama dengan pemerintah pusat karena daerah ini memiliki potensi yang kaya.

“Saya ingin pemerintah pusat memperhatikan Gunungkidul karena potensi di wilayah selatan, di utara ini potensi besar, ini (wilayah utara) belum dimanfaatkan sepenuhnya. Selatan sudah dimulai dengan baik,” jelas Sunaryanto.

Namun, ia menegaskan pemerataan ekonomi di Gunungkidul masih terjadi hanya di sektor-sektor tertentu.

Baca Juga: 5 Wisata Gunungkidul Lantai Dua Pemandangan Bukit Yang Indah

Sementara itu, setelah membuka peluang investasi sebanyak-banyaknya, perubahan objek wisata di Gunungkidul sudah mulai terlihat, menurut Sunaryanto.

“Saya kira bisa dilihat langsung di lapangan, ya. Sebenarnya ada berbagai jenis tanah di Gunungkidul, kita harus benar-benar memilih. Nah, beberapa kawasan wisata yang ada saat ini sudah banyak berubah,” ujarnya.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button