Lama Menderita, Wisata Pecinan Kya-kya dibuka kembali - WisataHits
Jawa Timur

Lama Menderita, Wisata Pecinan Kya-kya dibuka kembali

Saluran BEI – Banyak tempat wisata legendaris di Hero’s City telah ditangguhkan. Pada Agustus 2022, pemerintah kota berencana membuka destinasi wisata Pecinan Kya-kya di Jalan Kembang Jepun, Surabaya.

Kepala Biro Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan pihaknya tidak hanya akan menggelar rangkaian lomba pada Agustus 2022, tetapi juga segera membuka rangkaian destinasi wisata di Kota Pahlawan tersebut nantinya. Salah satunya adalah destinasi wisata di Pecinan di kawasan Kya-kya pada malam hari.

“Tadi saya bilang Kya-kya itu pengembangan wisata kota tua, yang kecil ada di sana, kita coba optimalkan. Agar nanti bisa kita buka Agustus nanti,” kata Wiwiek, Selasa (8/9/2022). . .

Ia melanjutkan, selain penataannya, kawasan kya-kya juga dipenuhi dengan makanan khas China. Tak ketinggalan, hiburan seni dan budaya juga ditawarkan. Tentu saja, penampilan yang disiapkan dikemas dengan konsep ala Chinatown.

“Selain itu, kita juga bisa membuka target yang bisa menjadi support. Di antara target yang bisa mendukung ini adalah rumah keluarga Abu Han,” ujarnya.

Wiwiek mengungkapkan, saat ini Pemprov DKI sedang mengoptimalkan kawasan tersebut. Upaya ini dilakukan dengan memperindah kawasan Kya-kya dengan cat berwarna cerah, mural, dan eksterior yang mendukung.

“Anda sudah bisa melihat perubahan yang sangat luar biasa. Kita hanya perlu melengkapinya dengan lukisan, mural dan sebagainya. Hari ini proses mural dan pengecatan,” jelasnya.

Selain mempercantik Kya-Kya, Pemkot Surabaya juga menghubungkannya dengan Kota Lama di Jalan Karet dan Jalan Gula. Menurut Wiwiek, konsep destinasi wisata dikembangkan agar lebih menarik, sehingga menarik wisatawan untuk datang.

“Saat Kya-Kya buka jajanan, warga bisa jalan kaki ke Jalan Karet – Jalan Gula. Itu yang coba kita hubungkan,” ujarnya.

Selain menambah eksterior yang membuat kawasan Kya-Kya semakin ikonik, Pemprov DKI juga akan melengkapinya dengan transportasi becak untuk melayani wisatawan. Dengan becak, pengunjung bisa menikmati rute destinasi wisata malam di kawasan Kya-kya menuju kota tua.

Source: www.idxchannel.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button