Lahan 20 hektar di lereng Gunung Penanggungan terbakar - WisataHits
Jawa Timur

Lahan 20 hektar di lereng Gunung Penanggungan terbakar

MOJOKERTO, KOMPAS.com – Lereng Gunung Penanggungan di kawasan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur terbakar pada Minggu (28/8/2022). Kebakaran yang berlangsung sekitar 8 jam itu menghanguskan 20 hektare lahan dan fasilitas penghijauan.

Djoko Supangkat, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, mengatakan kebakaran terjadi sejak Minggu pagi. Saat itu, hotspot berada tepat di atas Candi Sinta.

Situs ini berada di sisi timur Gunung Bekel atau di utara Puncak Pawitra Gunung Penanggungan pada ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca Juga: Bendera Merah Putih Sepanjang 400 Meter Akan Dikibarkan di Puncak Penanggungan

Djoko mengatakan api yang menghanguskan 20 hektare lahan dan fasilitas penghijauan itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.28 WIB, Minggu malam.

“Minggu sore itu berhasil dihapus. Semua petugas turun,” kata Djoko saat dikonfirmasi Kompas.comSenin (29/8/2022).

Baca Juga: Berkunjung ke Poetoek Soeko, Wisata Menghadap Gunung Penanggungan yang Dikagumi Khofifah

Djoko mengatakan, petugas dan relawan masih menganalisis penyebab kebakaran, apakah karena faktor cuaca atau aktivitas manusia.

Area yang terbakar di lereng Gunung Penanggungan sebelumnya ditumbuhi rumput liar dan tanaman penghijauan yang ditanam oleh para pemerhati lingkungan.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, penyelidikan masih berlangsung,” kata Djoko.

Sambil menunggu hasil investigasi penyebab kebakaran, Djoko mengimbau agar para pendaki tetap menjaga sikap ramah lingkungan dan tidak melakukan aktivitas yang berpotensi memicu kebakaran.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: surabaya.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button