Kunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Menhan berdoa untuk Gusti Bhre - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Menhan berdoa untuk Gusti Bhre

Kunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Menhan berdoa untuk Gusti Bhre

SOLO (BeritaTrans.com) – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo pada Rabu (25/01/2023). Ini merupakan kunjungan kedua Prabowo setelah hari pertama, didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo yang tiba pagi hari langsung disambut keluarga Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Pendopo Ageng.

Prabowo pun diajak berkeliling istana langsung didampingi KGPAA Mangkunegara X yang bernama asli Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Dari Balai Ageng, Prabowo kemudian memasuki Paringgitan. Ini adalah area pemisah antara Pendopo Ageng dan Dalem Ageng.

Di sini Prabowo berhenti sejenak untuk mempelajari lukisan para penguasa Mangkunegaran dari Mangkunegara VII, VIII dan IX beserta para istri mereka.

Prabowo juga melihat tanda Penghargaan Bintang Mahaputera Adipurna dari Presiden RI Soeharto kepada Pangeran Sambernyowo (KGPAA Mangkunegara I).

Selanjutnya, Prabowo memasuki ruangan Dalem Ageng dan melewati taman yang banyak ditumbuhi anggrek. Sesampainya di ruang tamu tempat foto-foto dipajang, Prabowo berdiri lama mengamati dan sesekali bertanya.

KGPAA Mangkunegara X merespon dengan cepat layaknya pemandu wisata menjelaskan sejarah keraton. Prabowo pun mengakhiri tour ke Istana Mangkunegaran dengan makan pagi bersama dan tukar cinderamata.

Prabowo memberikan buku catatannya tentang kepemimpinan militer kepada KGPAA Mangkunegara X. Di halaman pertama, Prabowo menyisipkan doa untuk KGPAA Mangkunegara X.

“Yang Mulia Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, saya harap Anda siap menerima buku ini dan saya berharap Anda selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dalam mengabdi pada negara dan bangsa.” (ds/sourceSindonews.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button