Kunjungi persawahan Pematang Johar, tempat rekreasi keluarga favorit di Deli Serdang - WisataHits
wisatahits

Kunjungi persawahan Pematang Johar, tempat rekreasi keluarga favorit di Deli Serdang

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Jl. Dusun VI, Pematang Johar, Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Wisata Sawah Pematang Johar merupakan salah satu desa wisata yang baru diresmikan. Terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara, tempat wisata ini langsung menjadi destinasi populer. Tempat khas pedesaan memang sangat kondusif untuk liburan keluarga dan belajar hal-hal baru yang tidak bisa Anda temukan di lingkungan perkotaan.

Desa wisata ini memiliki luas 1.750 hektar. Dijalankan oleh Kepala Desa Pematang Johar dan bekerjasama dengan PT. Kawasan Industri Medan. Keberadaan tempat wisata ini disambut positif oleh masyarakat karena telah meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kolaborasi dengan masyarakat berupa sewa lahan dan petani masih bisa menikmati hasil panen.

Saat ini, manajemen juga telah merencanakan berbagai fasilitas baru. Salah satunya adalah rencana membangun homestay dengan konsep rumah sederhana dan nyaman. Perumahan ini harus meningkatkan pendapatan warga. Selain itu, ada juga rencana untuk membangun fasilitas keluar yang akan menarik lebih banyak pengunjung yang datang.

Objek Wisata Sawah Pematang Wisata Johar

Daya tarik persawahan Pematang JoharKredit gambar: Instagram

1. Sawah

Menjadi fokus utama, hamparan persawahan desa wisata Pematang Johar menjadi daya tarik tersendiri. Ini poin positif karena tidak ada sawah yang rusak. Sawah tidak akan berubah dan pemiliknya masih bisa mengolah dan menikmati hasil panen.

Matahari terbit dan terbenam di tempat sejuk ini juga menjadi salah satu daya tarik utama. Jika biasanya Anda melihat matahari terbit atau terbenam dari puncak gunung atau pantai, desa wisata ini akan memberikan pemandangan yang tak kalah indah dan romantis. Tak heran banyak pengunjung yang menunggu momen ini.

Pengunjung juga bisa ikut bertani, berlibur sambil belajar bertani. Jika pengunjung datang saat nasi mulai menguning, pemandangan akan semakin indah. Kemudian, saat musim panen, pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana nasi tersebut diubah menjadi nasi.

2. Kolam renang

Di kawasan desa wisata Pematang Johar terdapat kolam dengan sepeda bebek. Fasilitas ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Banyak pengunjung terutama anak-anak yang antusias mencoba fasilitas ini. Tak perlu merogoh kocek cukup dalam, liburan keluarga bisa lebih menyenangkan.

3. Tempat foto

Keindahan pemandangan hamparan sawah yang terhampar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berfoto. Selain itu juga disediakan spot foto menarik lainnya. Keberadaan jembatan berwarna bambu menjadikan tempat ini unik. Oleh karena itu, pengunjung jangan lupa mengabadikan pengalaman saat berkunjung ke desa wisata ini.

Banyak pengunjung yang mengunggah foto ke desa wisata ini. Dengan pemandangan alam yang indah, banyak pengguna media sosial lainnya yang penasaran untuk datang dan melihat secara langsung keindahan pemandangan dan persawahan yang ada di dalamnya.

4. Taman Bacaan

Objek Wisata Sawah PematangKredit Gambar: Facebook PapiNya Rifqi Rendy

Wisata Nasi Pematang Johar juga berencana menjadikan destinasi ini sebagai wisata edukasi. Salah satu caranya adalah dengan memiliki taman baca. Gedung perpustakaan ini tergolong baru, namun bagi Anda yang suka membaca pasti akan tertarik untuk datang. Membaca buku sambil merasakan suasana yang asri pasti akan lebih menyejukkan dan nyaman.

5. Wisata ekologis

Semua properti di desa wisata ini menggunakan material yang ramah lingkungan. Misalnya meja dan kursi atau furniture lain yang menggunakan bahan ecobrick. Bahan baku ecobrick berasal dari pengolahan sampah plastik dari pusat pengumpulan sampah masyarakat. Selain itu, pengelola juga meminimalisir penggunaan plastik di area ini.

Jalan setapak dan gubuk juga terbuat dari bambu. Agar lebih menarik, jalur pedestrian ini dicat warna-warni dan didesain sebagai spot foto bagi pengunjung. Sedangkan untuk sumber listriknya menggunakan panel surya.

Penggunaan material ramah lingkungan semakin menarik pengunjung. Penggunaan bambu membuat suasana jauh lebih asri dan terasa khas pedesaan. Banyak pengunjung yang terkesan untuk kembali dan menikmati suasana seperti itu. Anak-anak juga bisa bermain dengan bebas dan belajar untuk tidak merusak lingkungan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sawah PematangKredit gambar: Google Maps Fadilsyah lubis

Wisata Sawah Pematang Johar terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Terletak di Jl. Johar Raya, Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli. Wisata ini tidak sulit ditemukan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau bus. Selain itu, infrastruktur menuju ke sana mudah dinavigasi dan sudah bagus.

Beberapa rute bisa ditempuh untuk sampai ke sana. Jika Anda datang dari Medan, Anda bisa melalui Jalan Yos Sudarso yang berjarak sekitar 36 km. Sesampainya di Jalan Pulau Sumatera, Anda bisa menuju Jalan Rawe 7 sebagai koordinat terakhir. Alternatif lain, Anda juga bisa melalui Jalan Sampali atau Jalan Williem Iskandar. Dari alternatif ini dapat dicapai selama 40-45 menit.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum untuk sampai ke sana. Salah satu angkutan umum yang dapat digunakan adalah trayek. Anda juga bisa menggunakan angkot hijau 79. Angkutan umum ini cukup terjangkau untuk kantong Anda.

Harga tiket masuk objek wisata persawahan

Harga Tiket Wisata SawahKredit gambar: Google Maps Fadilsyah lubis

Wisata Sawah buka setiap hari, Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 20.00. Karena berjalan hingga sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam dan pemandangan unik persawahan di malam hari.

Biaya masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5000 saja untuk dewasa dan anak-anak. Tentunya harga ini tergolong murah untuk tujuan wisata keluarga. Harga tiket wisata Pematang Johar sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di wisata sawah

Aktivitas Wisata di Sawah Pematang JoharFoto dari Google Maps Ryan S

Meningkatnya jumlah pengunjung Desa Wisata Sawah Pematang Johar memaksa pengelola untuk menyiapkan kegiatan edukatif dan menghibur lainnya agar desa wisata ini semakin menarik. Untuk saat ini, beberapa aktivitas menarik bisa dilakukan saat berlibur di desa wisata ini.

1. Ambil gambar

Banyaknya spot foto yang disediakan pengelola membuat desa wisata ini menjadi incaran setting foto yang epic. Pemandangan alam, persawahan dan keindahannya membuat hasil foto menjadi lebih baik untuk diunggah ke media sosial. Jembatan dan gubuk bambu memberikan tempat ini tampilan yang unik dan pedesaan.

Pengelola juga mendesain spot foto dan juga memasang payung warna-warni. Jembatan ini juga dicat dengan warna yang berbeda-beda sehingga terlihat menarik. Dikelilingi oleh hamparan persawahan, tempat wisata ini memang sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto.

2. Sepeda bebek

Penyediaan fasilitas ini bisa dijadikan aktivitas seru jika ada kunjungan ke Wisata Sawah Pematang Johar ini. Saat berolahraga, Anda bisa merasakan keindahan alam dan kolam renang bersama keluarga. Sepeda bebek ini sangat diminati oleh para pengunjung. Anda juga akan ingin mencobanya jika mengunjungi tempat ini.

3. Membaca

Setelah mengunjungi desa wisata ini, Anda bisa beristirahat di taman baca yang telah disediakan. Bagi Anda yang menyukai buku, Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi sambil membaca buku-buku yang tersedia. Taman baca ini juga cocok untuk anak-anak sebagai tempat menambah wawasan dengan memperbanyak membaca buku.

4. Berkumpul sebagai keluarga

Kegiatan Sawah Lainnya Wisata Pematang JoharFoto dari Google Maps Yuki Febrian

Desa wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Anak-anak bisa bermain dengan bebas. Anda juga dapat menggunakan kabin dan kabin yang telah disediakan untuk Anda beristirahat. Tentunya akan menjadi liburan yang menyenangkan untuk bisa berkumpul bersama keluarga sambil menikmati keindahan pemandangan alam dan merasakan suasana pedesaan.

5. Wisata kuliner

Di kawasan wisata persawahan ini juga terdapat warung makan yang cukup murah dan enak. Ada banyak menu yang bisa dipilih, seperti seafood atau ada juga kelapa muda hasil kebun warga setempat. Selain itu, pada hari Sabtu dan Minggu, warung ini juga menawarkan makanan tradisional seperti singkong, ubi, atau jagung. Menu ini akan memungkinkan Anda untuk lebih merasakan suasana pedesaan yang khas.

6. Belajar bertani

Anda dapat bergabung dengan petani untuk belajar cara bertani. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana para petani memanen dan mengolah padi menjadi beras. Karena itulah wisata menarik ini sangat cocok untuk liburan keluarga karena selain liburan anda juga bisa belajar hal baru.

Fasilitas yang tersedia di persawahan Pematang Johar

Fasilitas di Padi PematangKredit gambar: Facebook Pematang Johar

Sebuah desa wisata yang sedang berkembang, wisata sawah ini juga memiliki fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Terdapat tempat parkir bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, mushola, toilet, serta cabana dan kabin untuk beristirahat. Fasilitas seperti sepeda bebek dan taman baca juga tersedia bagi pengunjung.

Wisata Nasi Pematang Johar tidak hanya menyuguhkan suasana khas pedesaan di Deli Serdang, tetapi juga memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Selain itu, pengelola akan terus mengembangkan dan menambah fasilitas yang lebih baik lagi kedepannya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih desa wisata ini untuk membawa keluarga dan berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button