Kunjungi Nganjuk, Menparekraf Sandiaga Uno Buka Karnaval Taman Rekreasi Anjuk Ladang - WisataHits
Jawa Timur

Kunjungi Nganjuk, Menparekraf Sandiaga Uno Buka Karnaval Taman Rekreasi Anjuk Ladang

SURYA.CO.ID, NGANJUK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Karnaval Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) Nganjuk pada Sabtu (8/1022).

Hal ini setelah TRAL seluas 1,2 hektar dikelola sebagai aset oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Nganjuk.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan kerjasama antar pemangku kepentingan ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Nganjuk. Peresmian Karnaval TRAL Nganjuk ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan pengusaha untuk Indonesia maju.

“Pemerintah perlu bekerja sama dengan dunia usaha, salah satunya dengan HIPMI dalam mengelola properti wisata agar bisa berkembang,” kata Sandiaya Salahuddin Uno usai pembukaan The Carnival TRAL Nganjuk.

Untuk itu, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya mendukung HIPMI dan Disporabudpar Nganjuk merevitalisasi pariwisata TRAL Nganjuk. Hal ini setelah TRAL Nganjuk tersedot selama hampir lima tahun terakhir dan kini berubah menjadi The Carnival TRAL Nganjuk.

Hanya saja, lanjutnya, pengelola The Carnival TRAL Nganjuk tidak lupa untuk memperhatikan pelestarian budaya. Karena meski kekinian, jangan lupakan tradisi pariwisata berbasis budaya yang meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis kualitas dan berkelanjutan.

“Sampah diperhitungkan, penggunaan energi hijau dan penggunaan air. Karena sekarang objek wisatanya lebih condong ke alam dan budaya. Dan semuanya dalam wisata buatan yang saat ini lebih fokus menjadi wahana rekreasi keluarga,” kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya meyakini Kabupaten Nganjuk memiliki potensi wisata alam yang menarik dan indah. Termasuk wisata budaya dan wisata bahari dan wisata buatan.

Selain itu, kini Bendungan Semantok telah dibangun sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Bendungan Semantok memiliki fungsi untuk irigasi dan pertanian. Tapi yang terpenting, Bendungan Semantok akan menjadi objek wisata.

Karena itu, Sandiaga Uno mengatakan saat ini sedang mempertimbangkan bagaimana bekerja sama mengembangkan wisata berbasis air untuk meningkatkan nilai ekonomi bendungan.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button