Kunjungi Boncah Farm, Bupati Eka: Peternakan Kambing Etawa Bisa Jadi Obyek Wisata Edukasi - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungi Boncah Farm, Bupati Eka: Peternakan Kambing Etawa Bisa Jadi Obyek Wisata Edukasi

Kunjungi Boncah Farm, Bupati Eka: Peternakan Kambing Etawa Bisa Jadi Obyek Wisata Edukasi

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Sektor peternakan di Kabupaten Tanah Datar terus berkembang, baik peternakan maupun unggas seperti sapi, kerbau, kambing, ayam, itik dan lainnya saat ini diasuransikan. Hal ini dinilai sangat menjanjikan bagi jenis kambing etawa dengan produk olahannya seperti susu dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kotamadya.

Demikian disampaikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra SE
Mengunjungi peternakan kambing Etawa Boncah Farm, Selasa (25/Oktober) di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Tanah Datar.

Dikatakan bahwa budidaya kambing etawa dapat dijadikan sebagai objek wisata edukasi dan agrowisata untuk meningkatkan kunjungan ke Tanah Datar, maka dari itu kami berusaha menjadikan kabupaten Tanjung Baru sebagai sentra kambing etawa jenis ini.

Eka juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Perindustrian serta Dinas Koperindag untuk duduk bersama membudidayakan Kambing Etawa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebagai agrowisata dan pendidikan.

Diharapkan OPD terkait dapat membantu baik pengembangan budidaya maupun penyediaan benih kepada masyarakat, pasca panen dan pemasaran.

Menurutnya, pemerintah daerah sangat berminat membantu mengembangkan kambing etawa ini karena potensinya yang sangat besar. Selain susu dan daging, juga bisa menjadi wisata agro dan edukasi.

Juga Ketua TP PKK Tanah Datar yang juga Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra jika ada banyak potensi untuk pengembangan kambing etawa di kabupaten Tanjung Baru.

Dikatakan bahwa kambing etawa memiliki potensi untuk dikembangkan karena banyak manfaat seperti susu dan dagingnya. Susunya diolah untuk berbagai minuman dan juga bahan kosmetik, dagingnya diolah untuk berbagai jenis makanan seperti sate kambing.

Untuk itu, Ibu Lise berharap akan ada sentra kuliner berbahan dasar kambing di Tanjung Baru, dikemas dengan baik dan menarik, sehingga dapat menjadi destinasi wisata kuliner di Tanah Datar.

M.Ihsan Djamil Jambek, Direktur Pemasaran Agrowisata Bonca, mengatakan peternakan kambing etawa memiliki peluang yang cukup besar dan pangsa pasarnya juga tinggi. Satu liter susu kambing etawa dijual seharga Rp 50.000. Boncah Farm sudah memiliki pasar di sejumlah daerah di Sumatera Barat, Riau dan Pulau Jawa.

Kunjungan Bupati Tanah Datar Eka Putra MM ini juga dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim, Kabag Kominfo Yusrizal, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hendri Agung Indrianto, Plt. Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani dan beberapa pejabat daerah lainnya – habede

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button