Kunjungan wisatawan yang dikendalikan Covid-19 ke Kebun Raya mulai pulih - WisataHits
Jawa Barat

Kunjungan wisatawan yang dikendalikan Covid-19 ke Kebun Raya mulai pulih

JawaPos.com Industri pariwisata akhirnya mulai bergembira setelah melewati puncak pandemi Covid-19. Ternyata, pengunjung mulai berbondong-bondong menuju destinasi wisata.

Bayu Sumarijanto, Direktur Pemasaran dan Pendapatan PT Mitra Natura Raya (MNR), menyatakan pertumbuhan ekonomi yang positif akhirnya meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata. MNR mengelola empat kebun raya. Ini termasuk Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat. Selain itu, Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur dan Kebun Raya Eka Karya, Bali.

“Total kunjungan periode Januari-Juni 2022 sekitar 1,4 juta pengunjung,” ujarnya.

Bayu menjelaskan, mengelola kebun raya yang baru dipercayakan kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Januari 2020 ini memang menjadi tantangan besar. Pasalnya, mereka berhadapan langsung dengan situasi pandemi Covid-19. Penghentian kunjungan menyebabkan mereka kesulitan besar.

Namun, seperti tempat wisata lainnya, MNR mengambil kesempatan untuk berbenah. Mulai dari pengelolaan tiket dengan sistem elektronik hingga renovasi 18 toilet umum.

“Kami juga merevitalisasi sejumlah taman hiburan dan atraksi. Upaya ini akan dilakukan melalui kerjasama dengan UMKM, budayawan dan ilustrator lokal,” jelasnya.

Ia menegaskan, peran Kebun Raya sebagai tempat wisata dan cagar alam membuatnya sedikit berbeda dengan wisata lainnya. Itu sebabnya dia masih berusaha mencari tahu. Terutama bagi generasi muda.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja pariwisata berangsur pulih. Terbukti, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 743.000 orang pada semester I 2022. Jumlah tersebut meningkat 929 persen dibandingkan realisasi wisman semester I tahun 2021.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button