Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat 3 kali lipat selama Libur Nataru 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat 3 kali lipat selama Libur Nataru 2023

Liputan6.com, Banyuwangi Kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur selama libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) meningkat tiga kali lipat.

Salah satunya adalah kunjungan wisatawan di destinasi wisata Bansring Underwater (Bunder) Banyuwangi yang mencapai 600 orang setiap harinya. Jumlah ini tiga kali lipat dari hari biasa yang hanya sekitar 200 orang per hari.

“Alhamdulillah lumayan meningkat sejak liburan panjang Nataru dimulai. Selasa (27/12/2022) ini, berdasarkan data kami (Bunder), wisatawan yang berkunjung ke kami menyentuh 600 orang, tiga kali lipat jumlahnya,” kata Ikhwan Arif, pengelola destinasi wisata bawah air Bansring, Selasa (27/12/2022). 6.

Ikhwan mengatakan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke tempat itu adalah wisatawan lokal Banyuwangi. Selain itu, ada juga wisatawan dari luar kota seperti dari Jember, Situbondo dan Surabaya yang juga memilih Bunder untuk berlibur.

“Untuk wisatawan mancanegara persentasenya sangat kecil, tidak sampai 1 persen. Selama ini kunjungan wisatawan masih didominasi oleh wisatawan lokal. Baik dari lokal Banyuwangi maupun luar Banyuwangi,” tambah Ikhwan.

Ikhwan Arif menambahkan, untuk memanjakan wisatawan, pengelola bawah laut Bansring telah menyiapkan serangkaian kegiatan. Diantaranya, di Bansring Underwater, wisatawan diajak menanam terumbu karang di laut Selat Bali.

“Kami telah menyiapkan ribuan terumbu karang untuk pengunjung atau wisatawan. Jika ada wisatawan yang ingin menanam terumbu karang, kami perbolehkan. Karena konsep Destinasi Wisata Bawah Laut Bansring ini adalah wisata edukasi. Jadi bisa berlibur sekaligus melakukan konservasi alam,” jelasnya.

Persaudaraan memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat hingga tahun baru 2023.

“Kami memperkirakan 1.000 wisatawan akan tiba di Bansring Underwater setiap hari pada tahun baru 2023. Karena momen liburan panjang Nataru juga bertepatan dengan liburan sekolah, maka liburan panjang ini sangat dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai bersama keluarga,” ujarnya.

Menanggapi tingginya angka penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Banyuwangi, Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa seluruh destinasi wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan akan ditutup selama libur tahun baru.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button