Kunjungan wisatawan ke Bantul naik 75 persen, berkah malam 1 Suro - WisataHits
Yogyakarta

Kunjungan wisatawan ke Bantul naik 75 persen, berkah malam 1 Suro

Senin, 01 Agustus 2022 – 12:21 WIB

Kunjungan Wisatawan Ke Bantul Naik 75 Persen, Berkah Malam 1 Suro - JPNN.com Jogja

Antrian pengunjung di TPR Parangtritis pada malam 1 Suro pada Jumat malam (29/7). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melonjak 75 persen akhir pekan lalu.

Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan signifikan adalah perayaan malam tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hirjiah, atau malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa.

Kepala Dinas Promosi dan Penerangan Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan jumlah kunjungan wisatawan pada 29-31 Juli 2022 sebanyak 41.506 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp403 juta.

Sementara itu, data yang dikelola pemerintah daerah tentang kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul sejak 22 Juli hingga 24 Juli 2022 sebanyak 23.658 orang dengan PAD sebesar Rp 229,5 juta.

“Akhir pekan ini naik 75 persen dibandingkan akhir pekan lalu. Peningkatan ini karena adanya libur 1 Muharam atau Suro dan ada event budaya di pantai Gua Cemara,” ujarnya.

Objek wisata kawasan pantai Parangtritis masih menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, terutama pada malam tahun baru Islam.

“Khusus malam Suro 1 di kawasan Pantai Parangtritis, 6.908 wisatawan datang,” katanya.

Ia mengatakan, bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis dan melakukan reservasi melalui aplikasi Visitingjogja pada 29-31 Juli, sebanyak 9.063 orang datang.

Perayaan malam 1 Suro menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul akhir pekan lalu.

Silahkan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

Source: jogja.jpnn.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button