Kunjungan wisatawan 2022 melebihi target - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungan wisatawan 2022 melebihi target

MAGELANG,Nusa Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara pada 2022 melampaui target.

Sandiaga Uno di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan, kunjungan wisatawan tahun ini luar biasa, dari target 3,6 juta wisman dalam satu atau dua minggu ke depan sepertinya akan menjadi 5,3 juta orang.

“Kemudian target 660 juta wisman berpeluang mencapai 800 juta, artinya peningkatan ini sudah di atas 40 persen dari target yang ditetapkan,” katanya usai pembukaan Pabbajja Samanera di Borobudur yang digelar Majelis Agama Mahanikaya Indonesia.

Ia mengatakan, jumlah kunjungan diperkirakan akan meningkat menjadi 7,4 juta wisman tahun depan, beberapa di antaranya diharapkan dari wisata religi. Kemudian target wisatawan nusantara ditingkatkan menjadi 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara.

“Hal itu bisa dicapai jika fokus pada dua kekuatan, yakni alam dan budaya. Juga wisatawan minat khusus ekowisata, wisata spiritual, dan wisata religi,” ujarnya dikutip Antara, Minggu (18/12).

Menurutnya, hal itu dilakukan dengan pendekatan integratif dengan menggerakkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan juga mengikutsertakan pariwisata berbasis masyarakat seperti desa wisata.

“Kami yakin meski ada ancaman resesi global, Indonesia akan tumbuh 5 persen tahun depan dan 5 persen lagi di 2024, sehingga memungkinkan tercapainya target 4,4 juta lapangan kerja,” ujarnya.

Sandiaga Uno berharap acara Pabbajja Samanera di kawasan Candi Borobudur menjadi bagian dari wisata religi yang akan merevitalisasi destinasi prioritas utama yang ditetapkan Presiden untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik.

Dikatakannya, jika kegiatan Pabbajja Samanera tahun ini diikuti 500 peserta, tahun depan diharapkan 1.000 peserta. *

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button