Kuningan punya desa wisata kuliner tradisional, yuk cicipi makanannya! | matapantura - WisataHits
Jawa Barat

Kuningan punya desa wisata kuliner tradisional, yuk cicipi makanannya! | matapantura

Bupati Kuningan Acep Purnama (baju coklat) saat peresmian Kampung Adat Wisata Kulner.  (info disko Kuningan)Bupati Kuningan Acep Purnama (baju coklat) saat peresmian Kampung Adat Wisata Kulner. (info disko Kuningan)

KUNINGAN – Kabupaten Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Barat. Dikenal sebagai “Kota Kuda”, kawasan di kaki Gunung Ciremai ini menawarkan hawa yang sejuk dan berbagai wisata alam yang indah.

Namun kini Kabupaten Kuningan tidak hanya menawarkan potensi keindahan alamnya saja, tetapi juga memiliki destinasi wisata baru. Yakni Desa Wisata Kuliner Tradisional yang terletak di Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung.

Peresmian Desa Luragung Landeuh sebagai desa wisata kuliner tradisional dilakukan awal pekan ini. Momen ini sangat pas mengingat masyarakat saat ini sedang memasuki libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) yang juga bertepatan dengan libur sekolah.

Gulir untuk membaca

Gulir untuk membaca

Kepala Desa Luragung Landeuh Ruspandi mengatakan, banyak masyarakat di desanya yang sudah membuat aneka olahan makanan tradisional. Disebutkannya, sedikitnya ada 26 jenis makanan tradisional yang disiapkan oleh masyarakat Luragung Landeuh.

“Ini termasuk nasi kasreng, monyong papai dan sate kambing,” kata Ruspandi.

Kepala Unit Industri UMKM Biro Kopdaging Kabupaten Kuningan Alvin Fitranda mengatakan, penetapan Desa Luragung Landeuh sebagai desa wisata kuliner tradisional mengantisipasi kreasi dan promosi produk kuliner tradisional di daerah tersebut.

Alvin menambahkan, penunjukan desa wisata kuliner tradisional juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya wisata kuliner tradisional. Jika dikelola dengan serius, bisa menjadi sumber mata pencaharian dan menambah pendapatan warga sekitar.

Bupati Kuningan Acep Purnama juga mengajak masyarakat untuk berwisata ke Desa Luragung Landeuh sebagai desa wisata kuliner tradisional. Tidak hanya untuk liburan, masyarakat yang datang juga bisa menikmati berbagai makanan tradisional yang lebih unik.

“Mudah-mudahan makanan khas Kuningan di Desa Kuragung Landeuh ini menjadi tujuan para wisatawan atau pecinta kuliner,” kata Acep.

Nah penasaran ingin mencicipi kuliner yang ada di desa wisata kuliner tradisional ini? Yuk, berwisata ke Desa Luragung Landeuh! (Sri Handayani Lili)

“).attr({ type: ‘text/javascript’, src: ‘ }).prependTo(“head”); if ($(“.instagram-media”).length > 0) $(”

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button